cover
Contact Name
Eko Yuliyanto
Contact Email
ekoyuliyanto@unimus.ac.id
Phone
+6285643557497
Journal Mail Official
jps@unimus.ac.id
Editorial Address
https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPKIMIA/about/editorialTeam
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
JPS Unimus
ISSN : 23390786     EISSN : 25021443     DOI : 10.26714/jps.Vol.No.Tahun.hal
The focus and scope of JPS includes the following topics: Science Education Chemistry Education Biology Education Physics Education Enviromental Education Educational evaluation and measurement
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2017): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)" : 6 Documents clear
PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU KIMIA TERHADAP KETERAMPILAN PEMBELAJARAN LABORATORIUM SISWA KELAS XII SMA N 11 SEMARANG Rahmawati, Atika Sis; Astuti, Andari Puji
JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 5, No 1 (2017): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
Publisher : Pendidikan Kimia Unimus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/jps.5.1.2017.47-55

Abstract

Salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru adalah kompetensi profesional,kompetensi profesional guru merupakan salah satu faktor penting dalam pelaksanaan pendidikan di sekolah baik di kelas maupun di laboratorium guna meningkatkan mutu pendidikan serta mengembangkan keterampilan pembelajaran laboratorium. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional guru kimia terhadap keterampilan pembelajaran laboratorium siswa kelas XII SMA N 11 Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah guru kimia, kepala laboratorium, dan siswa-siswi kelas XII MIPA SMA N 11 Semarang, semua diambil sebagai responden (penelitian populasi) dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan angket rating scale, observasi, wawancara semistruktur dan dokumentasi dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian berdasarkan rekapitulasi kuesioner tingkat kompetensi profesional guru kimia dalam kategori baik, tingkat keterampilan pembelajaran laboratorium siswa dalam kategori cukup baik. Kompetensi profesional guru kimia mempengaruhi keterampilan pembelajaran laboratorium siswa, semakin baik kompetensi profesional guru maka semakin tinggi pula keterampilan pembelajaran laboratorium siswa.
STUDI PENDAHULUAN: PENERAPAN PRAKTIKUM KIMIA ORGANIK BERORIENTASI APLIKASI (APPLICATION-ORIENTED) ; Diniaty, Artina
JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 5, No 1 (2017): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
Publisher : Pendidikan Kimia Unimus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/jps.5.1.2017.41-46

Abstract

Mata praktikum kimia organik merupakan bagian dari pengalaman belajar mahasiswa yang bertujuan untuk memberikan keterampilan sains, terutama di bidang kimia organik. Pelaksanaan praktikum yang memakan waktu lama dengan judul praktikum yang tidak menarik dapat menurunkan minat mahasiswa selama kegiatan praktikum berlangsung. Hal ini akan menghambat tercapainya capaian pembelajaran mata praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlunya diterapkan praktikum kimia organik berorientasi aplikasi (application-oriented, AO) untuk meningkatkan minat, kecakapan hidup (life skills) dan kompetensi profesional mahasiswa sebagai calon guru kimia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan kuisioiner dan observasi sedangkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan mata praktikum yang telah dilaksanakan belum sepenuhnya dapat memfasilitasi mahasiswa untuk mencapai kompetensi profesional guru kimia sehingga perlu diterapkan praktikum berbasis aplikasi pada mata praktikum kimia organik
PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENGEMBANGKAN ENSIKLOPEDIA BERBASIS BIOEDUPRENEURSHIP Ubaidillah, Mujib
JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 5, No 1 (2017): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
Publisher : Pendidikan Kimia Unimus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/jps.5.1.2017.32-40

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan calon guru dalam menghasilkan ensiklopediaberbasis bioedupreneurship melalui pembelajaran berbasis proyek dengan pemanfaatan potensi lokal.Ensiklopedia merupakan salah satu bentuk media cetak.Kemampuan calon guru sains dalam membuat media pembelajaran sains mutlak dibutuhkan.Sebagaimana diketahui bahwa media pembelajaran merupakan salah satu perantara dalam penyampaian materi pelajaran.Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas.Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan IPA Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon dengan sasaran mahasiswa semester VII yang berjumlah 36 orang.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa mahasiswa mampu menghasilkan ensiklopediaberbasis bioedupreneurship kategori baik dengan rata-rata skor 85. 89. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui pembelajaran berbasis proyek mampu mengembangkan kemampuan calon guru dalam menghasilkan ensiklopedia pembelajaran sains berbasis bioedupreneurship.
IDENTIFIKASI TUMBUHAN PAKU (PTERIDOPHYTA) SEBAGAI BAHAN AJAR BOTANI TUMBUHAN RENDAH DI KAWASAN TAHURA POCUT MEURAH INTAN KABUPATEN ACEH BESAR Musriadi, Musriadi; Jailani, Jailani; Armi, Armi
JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 5, No 1 (2017): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
Publisher : Pendidikan Kimia Unimus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/jps.5.1.2017.22-31

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang Identifikasi Tumbuhan Paku (Pteridophyta) Sebagai Bahan Ajar Botani Tumbuhan Rendah di Kawasan Taman Hutan Raya Po Cut Meurah Intan Kabupaten Aceh Besar, Penelitian dilakukan pada tanggal 05 s.d 07 November 2014. Penelitian ini bertujuan unatuk mengetahui jenis-jenis tumbuhan paku apa saja sebagai bahan ajar Botani Tumbuhan Rendah, dan menjadikan sampel dari hasil penelitian sebagai bahan ajar botani Tumbuhan Tingkat Rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Survey Lapangan, Analisa data penelitian dilakukan secara deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk tabel dan foto. Jenis tumbuhan ini memiliki penyebaran yang sangat luas di wilayah Indonesia. Identifikasi jenis tumbuhan paku dilakukan di TAHURA Pocut Meurah Intan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat 41 jenis tumbuhan paku yang terdiri dari 19 famili. Jenis yang paling banyak dijumpai berasal dari famili Polypodiaceae sebanyak 8 jenis. Berdasarkan potensi pemanfaatannya, (2) yang dapat dimanfaatkan sebagai tumbuhan hias sebanyak 9 jenis diantaranya Asplenium pellucidum Lam, dan Dipteris conjugata Reinw. (3) Sebagai tumbuhan obat sebanyak 11 jenis diantaranya Lecanopteris carnosa (Reinw.) Blume. dan Selaginella plana (Desv.ex Poir) Hieron., sebagai bahan kerajinan sebanyak 1 jenis yaitu Gleichenia hispida Mett.ex Kuhn. dan sebagai bahan pangan sebanyak 5 jenis diantaranya Pteris mertensioides Willd dan Diplazium accendens Blume.
UJI FORMALIN, KANDUNGAN GARAM DAN ANGKA LEMPENG TOTAL BAKTERI PADA BERBAGAI JENIS IKAN ASIN YANG BEREDAR DI PASAR TRADISIONAL YOGYAKARTA Rini, Yuli Puspito; Setiyawan, Hery Setiyawan
JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 5, No 1 (2017): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
Publisher : Pendidikan Kimia Unimus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/jps.5.1.2017.1-9

Abstract

Produk pangan yang tidak memenuhi persyaratan mutu, keamanan dan cemaran bakteri dapat mengakibatkan terganggunya kesehatan. Ikan asin kering merupakan salah satu sumber protein hewani yang banyak di konsumsi masyarakat Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kandungan formalin, kadar garam dan angka lempeng total bakteri pada ikan asin yang di jual di Pasar Tradisional Yogyakarta. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pengambilan 5 sampel dari 5 pedagang berbeda yang berada di Pasar TradisionalYogyakarta menggunakan metode probability sampel. Pengujian sampel dilakukan di laboratorium kimia dan laboratorium mikrobiologi Politeknik Kesehatan Bhakti Setya Indonesia Yogyakarta dengan metode uji kualitatif pada formalin dilakukan dengan menggunakan Kit Tes, penetapan kadar garam dilakukan dengan metode Argentometri, dan uji Angka Lempeng Total (ALT). Berdasarkan hasil uji formalin dari 5 sampel yang diteliti, yang positif mengandung formalin yaitu cumi dan rebon. Hasil uji kadar garam sangat bervariasi diantara (5.46%-23.52%). Lima sampel yang diteliti dua diantaranya memiliki kadar garam melebihi Standar Nasional Indonesia (SNI 2721-1:2009) yaitu diatas 20%, yaitu cumi dan ikan peda, sedangkan rebon, teri gundul dan ikan balur memiliki kadar garam yang rendah. Hasil penelitian Angka Lempeng Total bakteri ditemukan antara 26 x 105 -280 x 105 koloni/gram. Angka Lempeng Total Bakteri pada ikan rebon 280 x 105 ml/gr dan Angka Lempeng Total Bakteri pada sampel ikan cumi 26.7 x 105ml/gr Hal ini menunjukan ikan sudah mengalami kontaminasi dan tidak memenuhi syarat oleh Standar Nasional Indonesia yaitu 1,0 x 105 koloni/gram.
STUDI DESKRIPTIF ANALISIS TERHADAP BIMBINGAN GURU DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP IPA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD PADAPEMBELAJARAN IPABERBANTUAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES Budiharto, Budiharto; Handayani, Sri; Triyoto, Triyoto
JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 5, No 1 (2017): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
Publisher : Pendidikan Kimia Unimus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/jps.5.1.2017.10-21

Abstract

Pembelajaran IPA pada siwa kelas VSDN Magersari Rembang selama ini masih berpusat pada guru dan masih sering menggunakan metode ceramah, guru kurang melibatkan siswa untuk melakukan percobaan-percobaan, guru kurang memahami arti pendekatan keterampilan proses dan rendahnya pemahaman siswa dimana nampak pada hasil belajar dari 33 siswa hanya 9 siswa atau 27% siswa yang tuntas dari 24 siswa atau 73% siswa yang belum tuntas.Untuk mengatasinya, perlu dilakukan perbaikan dengan bimbingan guru dalammenerapkan Pendekatan Keterampilan Proses. Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Melalui Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses di Kelas V SD. Penelitian inibertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Perencanaan guru dalam merancang ide pembelajaran pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas V SDN Magersari Rembang pada mata pelajaran IPA materi cahaya dan sifat-sifatnya, (2) Pelaksaanaan pembelajaran melalui pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi cahaya dan sifat-sifatnya.(3)Hasil belajar siswa dalam pendekatan keterampilan proses,pada mata pelajaran IPAmateri cahaya dan sifat-sifatnya. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 33 orang. Pelaksanaan PTK yang digunakan meliputi empat tahapan, yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan 3) observasi, dan 4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain: tes, lembar observasidan catatan lapangan. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar4l%, meningkat pada siklus 2 menjadi 64% dan meningkat kembali di siklus III menjadi 82% diatas target yang diharapkan yaitu 80%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Saran untuk guru dalam melaksanakan proses pembelajaran sebaiknya lebih banyak menggunakan model pembelajaran yang inovatif seperti yang telah dilakukan peneliti, sehingga hasil belajar siswa menjadi meningkat sesuai situasi dan kondisi lingkungan setempat.

Page 1 of 1 | Total Record : 6