cover
Contact Name
Eko Yuliyanto
Contact Email
ekoyuliyanto@unimus.ac.id
Phone
+6285643557497
Journal Mail Official
jps@unimus.ac.id
Editorial Address
https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPKIMIA/about/editorialTeam
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
JPS Unimus
ISSN : 23390786     EISSN : 25021443     DOI : 10.26714/jps.Vol.No.Tahun.hal
The focus and scope of JPS includes the following topics: Science Education Chemistry Education Biology Education Physics Education Enviromental Education Educational evaluation and measurement
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2017): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)" : 10 Documents clear
STUDI KASUS: KONSEP PENENTUAN BILANGAN OKSIDASI PADA BUKU PAKET KIMIA SMA/MA DI INDONESIA Basuki, Rahmat
JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 5, No 2 (2017): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
Publisher : Pendidikan Kimia Unimus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/jps.5.2.2017.71-79

Abstract

Telah dilakukan penelitian mengenai studi kasus konsep penentuan bilangan oksidasi pada buku paket kimia SMA/MA di Indonesia. Objek kajian adalah 9 buku paket yang banyak dipakai di SMA/MA di Indonesia. Metode yang dipakai adalah deskriptif analisis dimana objek kajian akan dianalisis dan dibandingkan dengan teori yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa umumnya buku paket di Indonesia menggunakan pendekatan yang sama untuk menentukan bilangan oksidasi atom, yaitu dengan aturan-aturan penentuan bilangan oksidasi. Namun, tidak semua atom dalam senyawa dapat ditentukan bilangan oksidasinya menggunakan aturan-aturan tersebut. Senyawa-senyawa ini muncul pada soal latihan/uji kompetensi. Hal ini hanya dapat diselesaikan menggunakan pendekatan yang lebih fundamental. Konsep bilangan oksidasi sangat berkaitan dengan elektronegatifitas, ikatan kimia dan muatan formal. Keterkaitan antar konsep ini dan perbandingannya dengan objek kajian akan dibahas secara kritis dalam artikel ini
PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PENDIDIK BERBASIS RECIPROCAL TEACHING (RT) SMA/MA PADA MATERI STOIKIOMETRI Yuliani, Yesi
JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 5, No 2 (2017): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
Publisher : Pendidikan Kimia Unimus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/jps.5.2.2017.108-112

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan buku panduan pendidik berbasis reciprocal teaching materi stoikiometri sebagai pedoman pendidik dalam kegiatan pembelajaran di kelas dan mengetahui kualitas buku panduan pendidik berbasis reciprocal teaching materi stoikiometri yang dikembangkan berdasarkan penilaian pendidik kimia SMA/MA. Penelitian dilakukan dengan menggunakan model 4-D yang meliputi tahap:  define, design, development, disseminate, tanpa tahap disseminate. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan (1) buku panduan pendidik berbasis reciprocal teaching materi stoikiometri sebagai pedoman pendidik dalam kegiatan pembelajaran di  kelas; (2) skor rata-rata penilaian keseluruhan untuk buku panduan pendidik yang dikembangkan adalah 129,6 dengan kategori kualitas Sangat Baik (SB) dan persentase keidealan 86,4%
PEMAHAMAN PENDIDIKAN SEKS USIA DINI MELALUI MODUL ANGGOTA TUBUH MANUSIA Ardianti, Sekar Dwi; Ristiyani, Ristiyani
JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 5, No 2 (2017): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
Publisher : Pendidikan Kimia Unimus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/jps.5.2.2017.65-70

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengkaji pemahaman pendidikan seks usia dini melalui penerapan modul anggota tubuh manusia. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest posttest control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD N 1 Mlati Lor Kudus sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas 1 SD N 1 Purwosari Kudus sebagai kelas kontrol. Pembelajaran dengan menggunakan modul anggota tubuh manusia dilakukan di kelas eksperimen, sedangkan kelas kontrol menggunakan bahan ajar buku dari pemerintah. Hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai thitung2,395 > ttabel 1,994. Hal tersebut berati bahwa terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata skor peningkatan pretest posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.  Penggunaan modul anggota tubuh manusia memberikan pengaruh yang positif terhadap peningkatan pemahaman pendidikan seks usia dini
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA CHEMDRAW SEBAGAI SUMBER BELAJAR KIMIA TERHADAP KREATIVITAS BERPIKIR DAN HASIL BELAJAR Setyowati, Putri Ashrina; Kamaludin, Agus
JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 5, No 2 (2017): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
Publisher : Pendidikan Kimia Unimus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/jps.5.2.2017.100-107

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji (1) efektivitas penggunaan media pembelajaran Chemdraw terhadap hasil belajar, dan (2) pengaruh penggunaan media pembelajaran Chemdraw terhadap kreativitas berpikir. Jenis penelitian quasi eksperiment dan desain penelitian Non-Equivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel simple random sampling. Pengukuran hasil belajar menggunakan pretest dan posttest. Pengukuran kreativitas berpikir menggunakan angket dan pengukuran kreativitas berpikir saat pembelajaran menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data hasil belajar menggunakan uji t dependen, teknik analisis data angket menggunakan uji Mann-Whitney, dan teknik analisis data lembar observasi menggunakan skor acuan penilaian lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan (1) penggunaan media pembelajaran Chemdraw tidak efektif terhadap hasil belajar, dan (2) penggunaan media pembelajaran Chemdraw berpengaruh terhadap kreativitas berpikir peserta didik
PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA Hasanah, Azzahrotul
JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 5, No 2 (2017): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
Publisher : Pendidikan Kimia Unimus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/jps.5.2.2017.56-64

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret-April 2017 di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 12 Pekanbaru. Metode yang digunakan adalah quasi eksperiment. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing berjumlah 36 siswa. Pengambilan data menggunakan instrumen lembar observasi keterampilan proses sains. Analisis data menggunakan uji-t, data hasil perhitungan perbedaan rata-rata kedua kelas diperoleh thitung sebesar 2,61, sedangkan ttabel pada taraf signifikan 0,05 sebesar 1,66, sehingga thitung > ttabel yang menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima, artinya terdapat pengaruh model Problem Based Learing (PBL) terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan, dengan koefisien pengaruh (KP) sebesar 8%.
EKSPLORASI KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI SMA NEGERI 9 SEMARANG Rosidah, Tin; Astuti, Andari Puji; Wulandari, VDR Andri
JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 5, No 2 (2017): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
Publisher : Pendidikan Kimia Unimus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/jps.5.2.2017.130-137

Abstract

Keterampilan berpikir tingkat tinggi mencakup keterampilan dasar, keterampilan berpikir kritis, dan keterampilan berpikir kreatif. Keterampilan dasar yang dimaksudkan yaitu keterampilan dasar (generik) sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi keterampilan generik sains siswa pada materi Stuktur Atom dam Sistem Periodik Unsur. Penelitian ini menggunakan metode pre-experiment design dengan rancangan penelitian One-Shot Case Study. Penentuan sampel dalam penelitian dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik pengukuran menggunakan instrumen soal keterampilan generik sains siswa. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata keterampilan generik sains siswa pada aspek pengamatan tidak langsung langsung sebesar 32,83, aspek sense of scala sebesar  48,43, aspek bahasa simbolik sebesar 74,87, aspek logika taat azas sebesar 72,55, aspek membangun konsep sebesar 78,67, aspek abstraksi sebesar 81,5, dan aspek inferensi logika sebesar 66,66. Hal ini membuktikan bahwa banyak siswa yang belum menguasai keterampilan generik sains pada materi Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur  yang diberikan. Dari tujuh aspek yang diujikan dalam bentuk soal ulangan harian, aspek abstraksi memperoleh nilai rata-rata yang tertinggi, sedangkan nilai rata-rata terendah diperoleh dari aspek pengamatan tidak langsung
PENINGKATAN HASIL BELAJAR ANALISIS TITRIMETRI MELALUI MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING PADA PESERTA DIDIK SMK Indayatmi, Indayatmi
JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 5, No 2 (2017): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
Publisher : Pendidikan Kimia Unimus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/jps.5.2.2017.88-99

Abstract

Penelitian ini bertujuan menggunakan model pembelajaran creative problem solving untuk meningkatkan aktivitas peserta didik dan hasil belajar pada kompetensi analisis titrimetri kelas XI SMK Negeri 2 Depok. Penelitian yang dilakukan terdiri dari 3 tahap yaitu pra siklus, siklus 1, dan siklus 2. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, evaluasi hasil belajar, penilaian proses creative problem solving, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran creative problem solving dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI yaitu pada pra siklus diperoleh nilai evaluasi belajar rata-rata sebesar 60, siklus 1 sebesar 80, siklus 2 sebesar 85. Penggunaan model pembelajaran creative problem solving dapat meningkatkan jumlah peserta didik yang mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu pada pra siklus sebanyak 11 peserta didik, siklus 1 sebanyak 23 peserta didik, siklus 2 sebanyak 27 peserta didik. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran creative problem solving dapat meningkatkan aktivitas peserta didik dan hasil belajar analisis titrimetri pada peserta didik kelas XI SMK Negeri 2 Depok
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS WEB UNTUK SMA/MA Harmoko, Tri Jati; Karmanto, Karmanto; Suprihatiningrum, Jamil
JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 5, No 2 (2017): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
Publisher : Pendidikan Kimia Unimus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/jps.5.2.2017.113-119

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat web pembelajaran dalam jaringan dengan konsep user generated content, mengetahui kualitas web pembelajaran dalam jaringan dengan konsep user generated content berdasarkan penilaian peer reviewer dan ahli media, mengetahui respon pengguna terhadap web pembelajaran dalam jaringan dengan konsep user generated content yang dikembangkan.Metode dalam pengembangan web pembelajaran dalam jaringan menggunakan metode pengembangan 4-D. Kualitas web pembelajaran dalam jaringan ditentukan menggunakan metode expert justment (penilaian ahli) dengan instrumen lembar kualitas. Respon pengguna terhadap web pembelajaran dalam jaringan diperoleh menggunakan metode angket. Hasil penelitian ini ialah produk web pembelajaran dalam jaringan yang layak untuk SMA/MA dan dapat diakses melalui laman materikimia.com. Kualitas web pembelajaran dalam jaringan berdasarkan expert justment termasuk ke dalam kualifikasi/predikat Sangat Baik. Respon pengguna terhadap web pembelajaran dalam jaringan yang dikembangkan termasuk ke dalam kualifikas/predikat Sangat Baik.
MISKONSEPSI MAHASISWA PADA KONSEP DASAR GAYA DAN GERAK UNTUK SEKOLAH DASAR Resbiantoro, Gaguk; Nugraha, Aldila Wanda
JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 5, No 2 (2017): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
Publisher : Pendidikan Kimia Unimus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/jps.5.2.2017.80-87

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk megidentifikasi miskonsepsi mahasiswa tentang konsep dasar gaya dan gerak untuk sekolah dasar. Instrumen yang digunakan adalah four-tier test terdiri dari sepuluh poin pertanyaan pilihan ganda. Dengan instrumen ini, dapat ditentukan klasifikasi mahasiswa yang paham konsep, tidak paham konsep, dan yang mengalami miskonsepsi, serta juga dapat diidentifikasi kemungkinan penyebab miskonsepsinya. Tes dilakukan pada mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar yang menempuh mata kuliah konsep dasar IPA SD di perguruan tinggi di Tulungagung. Hasil penelitian ini mampu menentukan: (1) profil miskonsepsi konsep dasar gaya dan gerak, yaitu pada konsep resultan gaya pada benda stasioner adalah sebesar 26%; konsep kelembaman benda sebesar 44%; konsep pengaruh resultan gaya yang searah gerak benda sebesar 38%; serta konsep pengaruh resultan gaya yang berlawanan arah gerak benda sebesar 33%; (2) rata-rata sumber pengetahuan mahasiswa yang mengalami miskonsepsi adalah 19% dari guru, 4% dari buku, 38% dari pengalaman sehari-hari, dan 39% dari hasil pemikiran sendiri. Hasil ini memberikan implikasi perlunya dilakukan inovasi tentang strategi pembelajaran, media pembelajaran, maupun substansi materi pembelajaran konsep dasar IPA SD untuk remidiasi miskonsepsi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN “WISATA LOKAL” PADA MATAPELAJARAN SAIN DI TEMANGGUNG DAN PEKALONGAN Winaryati, Eny; Haryani, Sri; Fathurohman, Akhmad; Iriyanto, Setia
JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 5, No 2 (2017): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
Publisher : Pendidikan Kimia Unimus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/jps.5.2.2017.120-129

Abstract

Implementasi model pembelajaran “Wisata Lokal” dalam pembelajaran, bagi seorang guru merupakan tuntutan.  Seorang guru harus memiliki keterampilan mengkreasi pembelajarannya dengan mendayagunakan potensi lokal daerah dengan berbagai metode, media, dan bahan ajar. Hal ini akan dapat menumbuhkan nilai-nilai karakter pada peserta didik dan guru dalam rangka menunjang pembangunan nasional.  Potensi lokal daerah yang disusun kontennya dimuat dalam suatu web model pembelajaran “Wisata Lokal” berbasis potensi daerah. Penelitian ini lebih menitikberatkan implementasi model di sekolah untuk matapelajaran sain yang meliputi (IPA, Kimia, Biologi dan Fisika). Model pembelajaran “Wisata Lokal” dikembangkan melalui metode penelitian Research and Development (R&D). Pembahasan lebih rinci lebih menitikberatkan pada fase implementasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model efektif digunakan, dan pengaruh model terhadap prestasi belajar siswa. Hasil dari penelitian diperoleh data bahwa adanya nilai yang beda antara kontrol dengan perlakuan, ada pengaruh model terhadap pembelajaran, model efektif untuk digunakan.  Penelitian memberikan rekomendasi bahwa model sangat layak direkomendasikan untuk dilaksanakan dan disebarluaskan

Page 1 of 1 | Total Record : 10