cover
Contact Name
Eko Yuliyanto
Contact Email
ekoyuliyanto@unimus.ac.id
Phone
+6285643557497
Journal Mail Official
jps@unimus.ac.id
Editorial Address
https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPKIMIA/about/editorialTeam
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
JPS Unimus
ISSN : 23390786     EISSN : 25021443     DOI : 10.26714/jps.Vol.No.Tahun.hal
The focus and scope of JPS includes the following topics: Science Education Chemistry Education Biology Education Physics Education Enviromental Education Educational evaluation and measurement
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)" : 11 Documents clear
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU BERPENDEKATAN ETNOSAINS Atmojo, Setyo Eko
JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 6, No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
Publisher : Pendidikan Kimia Unimus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/jps.6.1.2018.5-13

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Pengembangan perangkat pembelajaran IPA terpadu berpendekatan etnosains dimulai dengan mengembangkan silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, bahan ajar, LKS, LDS dan alat evaluasi yang kemudian seluruh perangkat tersebut divalidasikan untuk selanjutnya direvisi dan diimplemantasikan. Selama uji coba, dilakukan pengamatan aktivitas siswa, pemberian angket keterterapan pembelajaran dan soal tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA terpadu berpendekatan etnosains terbukti efektif mampu memperbaiki kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menghasilkan perangkat pembelajaran IPA terpadu berpendekatan etnosains yang mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa.
METODE FIELD TRIP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA DAN MENGAKSES KETERAMPILAN PROSES SAINS Ubaidillah, Mujib
JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 6, No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
Publisher : Pendidikan Kimia Unimus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/jps.6.1.2018.93-103

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep fisika dan mengakses keterampilan proses sains mahasiswa tadris biologi melalui metode field trip. Metode penelitian menggunakan eksperimen quasi dengan pretest-postest control group. Sampel penelitian ini mahasiswa tadris biologi A dan B semester 1 IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Instrumen penelitian berupa soal tes dan lembar penilaian keterampilan proses sains. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan pemahaman konsep fisika mahasiswa kelas eksperimen berbeda signifikan dengan kelas kontrol.  Kemampuan pemahaman konsep kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kemampuan keterampilan kelas kontol. Metode field trip dapat mengakses keterampilan proses sains.
IDENTIFIKASI GAYA BELAJAR MODEL KOLB TERHADAP PESERTA DIDIK MAN II YOGYAKARTA melinda, gita melinda
JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 6, No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
Publisher : Pendidikan Kimia Unimus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/jps.6.1.2018.47-55

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi gaya belajar peserta didik dan mengetahui korelasi antara kemampuan spasial dan gaya belajar peserta didik pada mata pelajaran kimia.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah gaya belajar yang meliputi diverger, assimilator, converger, dan accomodator. Subjek dalam penelitian ini sejumlah 52 peserta didik XI MIPA MAN II Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017 dan 270 peserta didik dari 6 sekolah yang ada di Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan angket KLSI (Kolb Learning Style Inventory). Adapun teknik analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik dari MAN II Yogyakarta memiliki kecenderungan pada gaya belajar assimilator sebanyak 19 peserta didik atau 36,5%, gaya belajar diverger sebanyak 17 peserta didik atau 32,6%, gaya belajar converger sebanyak 11 peserta didik atau 21,2%, dan gaya belajar accomodator sebanyak 5 peserta didik atau 9,6%. Peserta didik dari 6 sekolah di Yogyakarta memiliki kecenderungan pada gaya belajar assimilator sebanyak 96 peserta didik atau 35,5%, gaya belajar diverger sebanyak 93 peserta didik atau 34,4%, gaya belajar converger sebanyak 53 peserta didik atau 19,6% dan gaya belajar accomodator sebanyak 28 peserta didik atau 10,3%. Terdapat korelasi antara kemampuan spasial dan gaya belajar yang ditunjukkan oleh 19 peserta didik XI MIPA MAN II Yogyakarta memiliki nilai kemampuan spasial dan nilai ulangan harian hidrokarbon diatas nilai KKM materi hidrokarbon sesuai dengan gaya belajar yang dimiliki peserta didik yaitu gaya belajar tipe assimilator.Kata Kunci: gaya belajar model Kolb, diverger, converger, assimilator, accomodator
PUZZLE IKATAN IONIK UNTUK MEMBANTU MAHASISWA FARMASI MENENTUKAN RUMUS SENYAWA IONIK Ni'mah, Fatchiyatun
JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 6, No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
Publisher : Pendidikan Kimia Unimus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/jps.6.1.2018.1-4

Abstract

Pembelajaran kimia dipenuhi dengan konsep mikro, makro maupun simbolik. Materi ini harus dikuasai oleh mahasiswa Program Studi Farmasi. Namun, banyak kendala yang ditemui di lapangan sehingga dibutuhkan alternatif dalam pelaksanaan perkuliahaan. Salah satu alternatif yang dapat digunakan adalah puzzle ikatan ionik. Puzzle ikatan ionik membantu mahasiswa menemukan alasan secara logis dari pembetukan dari berbagai senyawa ionik.
PENGARUH INOKULASI RHIZOBIUM TERHADAP PENYERAPAN Cu DAN PERTUMBUHAN KACANG TANAH ( Arachis hypogaea L.) rahmatullah, widia
JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 6, No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
Publisher : Pendidikan Kimia Unimus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/jps.6.1.2018.86-92

Abstract

Penelitian  ini  dilakukan  untuk  mengetahui  pengaruh  Cu  terhadap  pertumbuhan kacang tanah (Arachis  hypogaea L.) yang diinokulasikan dengan rhizobium. Distribusi Cu di organ tanaman juga dianalisa.  Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap pola  faktorial,  masing  masing  kombinasi  perlakuan  dengan  6  ulangan.  Faktor pertama yaitu konsentrasi /dosis CuSO4 yaitu aplikasi A0 : CuSO4 0 mg/3 kg tanah, A1 : CuSO4 60 mg/30 kg tanah, A2 : CuSO4 90 mg/30 kg tanah, A3 : CuSO4 120 mg/3 kg tanah. Faktor yang kedua yaitu B0 : tanpa inokulasi legin . B1: Inokulasi  legin  (10  g/kg  benih)  ,B2 :Inokulasi  legin  (20  g/kg  benih). Parameter pengamatan antara lain kadar Cu pada organ tanaman (batang, akar dan daun),  kadar  Cu  pada  biji  kacang  tanah,  berat  bintil  akar  dan  pertumbuhan tanaman kacang tanah. Data hasil  pengamatan dan  pengukuran akan  dianalisis secara  statistik  menggunakan  analisis  sidik  ragam  (ANOVA)  dan  diuji  lanjut dengan DMRT (Duncan Multiple Range Test) taraf kepercayaan 95 %. Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  pemberian  rhizobium  yang dikombinasikan  Cu  memberi pengaruh  yang  nyata  terhadap  parameter pertumbuhan.  Dalam  jumlah  sedikit  (60  mg  CuSO4/30 kg  tanah)  mampu meningkatkan pertumbuhan tanaman, tetapi dalam jumlah berlebih menurunkan pertumbuhan tanaman. Cu didistribusikan kesemua organ tanaman termasuk biji. inokulasi  legin secara signifikan  mengurangi pengaruh  hambatan  pertumbuhan dan mengabsorpsi kelebihan Cu.tingginya konsentrasi Cu di rhizosfer mengurangi jumlah nodul yang terbentuk. Hasil juga memperlihatkan akumulasi Cu di akar. 
EVALUATION OF AUTENTIC AUTHENTICAL ASSESSMENT ON LEARNING ON THE LEARNING RESULT OF PARTICIPANTS CLASSIFIED VIII SMP NEGERI 3 SALATIGA Wulandari, Andriyani Dea; Situmorang, Risya Pramana; Dewi, Lusiawati
JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 6, No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
Publisher : Pendidikan Kimia Unimus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/jps.6.1.2018.34-46

Abstract

This study aims to determine the authenticity of the assessment and to know its relationship with learning outcomes. This research was conducted in SMP Negeri 3 Salatiga. The research method used is survey method with stake's countenance model. The subjects of the study were IPA teachers who used authentic assessment in evaluating learners' learning outcomes. Data retrieval using an authentic assessment appraisal observation sheet. Data analysis using score calculation and correlation analysis using spearman test. The results of the calculation of the scores obtained an authentic assessment on the knowledge aspects of the planning phase is very less, the implementation stage is very good, and the results of learning good. In the attitude aspect of the planning stage is good, the implementation stage is very good, and the learning result is very less. In the skill aspect of the planning stage is good, the implementation stage is very good, the learners learn good result. While the results of correlation analysis, which shows a significant correlation only the planning and learning outcomes of learners
PENILAIAN KUALITAS MEDIA AUDIO VISUAL TENTANG KARAKTERISTIK LARUTAN ASAM BASA UNTUK SISWA SMA/MA Riyanto, Nokman; Asmara, Anjar Purba
JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 6, No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
Publisher : Pendidikan Kimia Unimus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/jps.6.1.2018.73-85

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian research and development yang bertujuan untuk mengembangkan media audio visual tentang karakteristik larutan asam basa dan menentukan kualitas media tersebut. Penelitian ini menggunakan model prosedural dari Allesi & Trollip dan analisis deskriptif kuantitatif melalui penilaian lima orang guru kimia sebagai reviewer menggunakan rubrik. Media yang dihasilkan mengangkat dua topik, yaitu penentuan sifat larutan dan penentuan pH suatu larutan, dan mendapatkan penilaian dengan kualitas baik. skor rerata sebesar 130,80 dan persentase keidealan sebesar 72,67 %.  
HUBUNGAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS DAN SIKAP ILMIAH MELALUI MODEL INKUIRI DITINJAU DARI DOMAIN KOGNITIF Martiningsih, Meidini; Situmorang, Risya Pramana; Hastuti, Susanti Pudji
JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 6, No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
Publisher : Pendidikan Kimia Unimus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/jps.6.1.2018.24-33

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui seberapa besar hubungan antara KGS dengan sikap ilmiah melalui model inkuiri ditinjau dari domain kognitif. 2) mengetahui seberapa besar hubungan antara KGS dengan sikap ilmiah melalui model konvensional ditinjau dari domain kognitif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 2 dan XI IPA 4 SMA Negeri 1 Bringin berjumlah 62 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan tes dan non tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, angket dan soal tes. Uji hipotesis korelasional menggunakan data hasil observasi sikap ilmiah dan KGS. Analisis data  melalui uji analisis regresi linier berganda dengan kriteria Pearson. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) hubungan KGS dengan sikap ilmiah melalui model inkuiri ditinjau dari domain kognitif adalah 0,943** artinya memiliki hubungan yang sangat kuat. 2) hubungan KGS dengan sikap ilmiah melalui model konvensional ditinjau dari domain kognitif adalah 0,883** artinya memiliki hubungan yang sangat kuat. 
PENGARUH VLOG PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMK ZAMAN NOW yatmi, inda
JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 6, No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
Publisher : Pendidikan Kimia Unimus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/jps.6.1.2018.56-63

Abstract

PENGARUH VLOG PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMK ZAMAN NOWOleh:IndayatmiProgram keahlian kimia analisis SMK Negeri 2 Depok Sleman Yogyakartaindayatmi@ymail.com Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh vlog pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar analisis titrimetri pada peserta didik kelas XI kimia analisis SMK Negeri 2 Depok tahun 2017/2018. Penelitian yang dilakukan terdiri dari 4 tahap yaitu pra siklus, siklus 1, siklus 2, dan siklus 3. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, evaluasi hasil belajar, penilaian proses vlog pembelajaran, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa vlog pembelajaran berpengaruh pada peningkatan hasil belajar analisis titrimetri pada peserta didik kelas XI kimia analisis yaitu hasil belajar rata-rata pada prasiklus sebesar 69, siklus 1 sebesar 81, siklus 2 sebesar 85, siklus 3 sebesar 87. Penggunaan vlog pembelajaran berpengaruh pada peningkatan jumlah peserta didik yang mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu pada pra siklus sebanyak 10 peserta didik, siklus 1 sebanyak 27 peserta didik, siklus 2 sebanyak 29 peserta didik, dan siklus 3 sebanyak 30 peserta didik. Kesimpulan penelitian ini adalah vlog pembelajaran mempengaruhi peningkatan hasil belajar analisis titrimetri pada peserta didik kelas XI kimia analisis SMK Negeri 2 depok tahun 2017/2018.Kata Kunci : vlog pembelajaran; Analisis Titrimetri; hasil belajar
ENHANCING OF PRESERVICE CHEMISTRY TEACHERS’ SELF-EFFICACY THROUGH THE PREPARATION OF PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE IN VOCATIONAL CONTEXT Wiyarsi, Antuni
JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 6, No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
Publisher : Pendidikan Kimia Unimus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/jps.6.1.2018.14-23

Abstract

Pedagogical Content Knowledge (PCK) development of appropriate chemistry in vocational context is necessary to prepare the capability of pre-service chemistry teachers in designing effective chemistry learning in vocational schools. This study aims to assess the self-efficacy pre-service chemistry teachers by  the learning based on PCK development in vocational context. Pretest-posttest control group design was used in these research. The results showed that the PCK development strategy in the vocational context  is able to increase self-efficacy of pre-service chemistry teachers. Most of pre-service chemistry teachers have increased self-efficacy, although some of pre-service teachers have decreased self-efficacy. The main implication of this research is the need for restructuring of the curriculum for pre-service chemistry teacher education programs that are more concerned with professional development in the context of vocational schools

Page 1 of 2 | Total Record : 11