cover
Contact Name
Ardi Mardiana
Contact Email
aim@unma.ac.id
Phone
+62233-8287177
Journal Mail Official
infotech@unma.ac.id
Editorial Address
https://ejournal.unma.ac.id/index.php/infotech/about/contact
Location
Kab. majalengka,
Jawa barat
INDONESIA
Infotech Journal
Published by Universitas Majalengka
ISSN : 24601861     EISSN : 26154250     DOI : -
Core Subject : Science,
Infotech Journal is a Scientific Paper published by the Informatics Study Program of the Faculty of Engineering, Majalengka University. The areas of competence covered by Infotech are Information Systems, Programming, Networks, Robotics, Artificial Intelligence and Multimedia
Articles 24 Documents
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN KELUARGA MISKIN MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY TSUKAMOTO Mardiana, Ardi; Zalilludin, Dadan; Fitriani, Desi
INFOTECH journal Vol 6 No 2 (2020): Volume 6 Nomor 2 Desember 2020
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The problem of poverty is one of the fundamental issues that become the center of government attention in any country. The goverment has sought to reduce poverty in every region. By launching various poverty alleviation programs, especially the family-based cluster support program 1, the goverment make activity programs to helping the poor families. In determine the poor families, so that not just anyone can receive the assistance provided by the government for poor families and the funds provided can be received by the people who really need. One of criteria will use in determine poor families from 14 poverty criteria by BPS version, broad building, income, and the comsumption of meat/egg. Test system created is a decision support system using fuzzy tsukamoto to help and increase performance from the selection process of who is entitled to get help from the government. This result, produce a decision support system and a list of poor families that deserve and do not deserve government assistance.
ANALISA KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI RUMAH SAKIT MAJALENGKA MOBILE MENGGUNAKAN METODE END-USER COMPUTING STATISFACTION Abdurahman, Dede; Budiman, Budiman
INFOTECH journal Vol 6 No 2 (2020): Volume 6 Nomor 2 Desember 2020
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

RSM Mobile adalah aplikasi yang menyediakan akses mudah dan layanan optimal. Fitur utama RSM Mobile adalah Registrasi Online, di mana pengguna tidak perlu lama-lama mengantri untuk mendapatkan nomor antrian. Pengguna cukup mendaftarkan diri maksimal dua hari sebelum jadwal kunjungan, lalu melakukan check-in sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Melalui aplikasi ini, pengguna dapat mengakses berbagai layanan dan informasi kesehatan di Rumah Sakit Kabupaten Majalengka dengan cepat dan mudah, di mana pun dan kapan pun. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna dengan aplikasi mobile rsm, di mana dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode statistik kepuasan pengguna akhir (EUCS), dimana dalam tes ini terdapat 5 dimensi untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna, yaitu: konten, akurasi, format, mudah digunakan dan ketepatan waktu.
STUDI KOMPARASI ALGORITMA ID3 DAN ALGORITMA NAIVE BAYES UNTUK KLASIFIKASI PENYAKIT DIABETES MELLITUS Nurdiana, Nunu; Rodiyansyah, Sandi Fajar; Algifari, Abijar
INFOTECH journal Vol 6 No 2 (2020): Volume 6 Nomor 2 Desember 2020
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penyakit diabetes mellitus salah satu penyakit yang mematikan, merupakan penyakit gangguan metabolik menahun akibat pankreas tidak memproduksi cukup insulin atau tubuh tidak dapat menggunakan insulin yang diproduksi secara efektif. Berdasarkan data history penderita diabetes dapat dibuat rekomendasi prediksi penyakit diabetes yang dapat membantu tenaga kesehatan. Klasifikasi merupakan salah satu teknik dari data mining yang dapat digunakan untuk membantu prediksi hasil klasifikasi penyakit diabetes. Klasifikasi dilakukan menggunakan Algoritma ID3 dan Algoritma Naive Bayes dengan bahasa pemrograman python menggunakan aplikasi web open source yaitu Jupyter Notebook. Penelitian ini bertujuan membuat klasifikasi dan menerapkan klasifikasi data mining. Hasil klasifikasi data di evaluasi dengan menggunakan Confusion Matrix dan kurva ROC untuk mengetahui tingkat hasil akurasi menggunakan algoritma ID3 yaitu sebesar 74% dan nilai AUC dari kurva ROC adalah 0.788 sedangkan Algoritma Naive Bayes sebesar 76% nilai AUC dari kurva ROC 0.794 sehingga dapat dikatakan bahwa Algoritma Naive Bayes memiliki hasil prediksi yang baik dalam memprediksi penyakit diabetes meliitus.
PENERAPAN KEAMANAN EMAIL DENGAN SISTEM PRETTY GOOD PRIVACY MENGGUNAKAN METODE NDLC ( STUDI KASUS : POLRES MAJALENGKA ) Suhendri, Suhendri; Susanti, Deffy; Dicky, Dede
INFOTECH journal Vol 6 No 2 (2020): Volume 6 Nomor 2 Desember 2020
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Aplikasi email merupakan salah satu aplikasi di internet yang berfungsi untuk mengirimkan data baik untuk pribadi maupun perusahaan / institusi. Mengirim email dapat menggunakan teknik lampiran file. Keamanan data dalam proses pengiriman e-mail juga dapat diantisipasi atau diterapkan dengan topologi jaringan yang mempunyai sistem keamanan jaringan dengan metode otentikasi pada jaringan, seperti menggunakan fasilitas keamanan login di hotspot kantor atau instansi. Berdasarkan observasi dan wawancara dengan pihak Polres Majalengka ditemukan bahwa pengiriman data menggunakan e-mail masih menggunakan jaringan dengan topologi jaringan star dan akses internet yang digunakan masih bawaan dari ISP seperti menggunakan produk speedy. Untuk keamanan data yang dikirim menggunakan e-mail dengan teknik file attachment belum menggunakan sistem pengamanan data (enkripsi) yang dimiliki oleh aparat maupun aparat kepolisian.
PERANCANGAN APLIKASI PENDAFTARAN DIKLAT SATPAM BERBASIS ONLINE Mardiana, Ardi; Nurdiana, Nunu; Nurzakiyah, Azizah
INFOTECH journal Vol 6 No 1 (2020): Volume 6 Nomor 1 Juni 2020
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

BUJP CTP (Badan Usaha Jasa Pengamanan Cahaya Tangguh Perkasa) atau Lembaga Pendidikan yang menyediakan pelatihan dasar Gada Pratama atau yang disebut dengan lembaga pendidikan dan pelatihan satpam memiliki andil yang sangat penting untuk mencetak calon tenaga pengaman yang profesional dan memiliki keterampilan dalam bidang pengamanan. Untuk cara pendaftaran ke BUJP CTP (Badan Usaha Jasa Pengamanan) dengan cara peserta dapat mengunjungi kantor BUJP CTP secara langsung dan membawa persyaratan pendaftarannya secara lengkap dan setelah itu menunggu konfirmasi lulus atau tidak dari Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP) di rumah kemudian untuk konfirmasinya sendiri pendaftar akan mendapatkan sebuah sms. Karena terjadinya peningkatan jumlah pendaftar diklat satpam kepada BUJP, jika cara pendaftaran masih dengan cara manual ini dikhawatirkan terjadinya formulir dan persyaratan para peserta hilang. Maka dari itu untuk meminimalisir terjadinya hal tersebut perlu adanya media pendaftaran yang lebih baik dengan merancang sebuah aplikasi pendaftaran online melalui alamat website khusus untuk BUJP CTP. Aplikasi ini diuji dengan metode blackbox testing. Pengujian black box dilakukan untuk menguji spesifikasi fungsional perangkat lunak dari aplikasi pendaftaran diklat satpam berbasis web. Aplikasi ini dapat meminimalisir terjadinya persyaratan dan formulir peserta yang hilang. Aplikasi ini juga bermanfaat untuk petugas agar petugas dapat melihat jumlah peserta yang terdaftar pada aplikasi.
SISTEM INFORMASI HOMESTAY BERBASIS WEB DESA BANTARAGUNG Rusnandi, Enang; Resmanah, Dena
INFOTECH journal Vol 6 No 1 (2020): Volume 6 Nomor 1 Juni 2020
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Desa Bantaragung sendiri sudah memiliki beberapa homestay yang tersebar di 2 blok yaitu blok desa dan blok pasir ayu. Kapasitas keseluruhan homestay Bantaragung ada 65 kamar dari 40 rumah untuk 130 orang pengunjung. Fasilitas yang disediakan yaitu kamar tidur (2 bantal, selimut, sandal), kamar mandi, ruang tamu, welcome drink (teh/ kopi, snack lokal), breakfast. Kepemilikan homestay yang ada di Bantaragung merupakan milik warga desa, baik pengunjung menginap bersama pemilik rumah maupun terpisah dengan pemilik rumah. Dengan adanya sistem informasi homestay ini diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai fasilitas, harga, dan ketersediaan homestay yang selalu up to date di Bantaragung. Sistem tersebut juga dapat mempermudah pengelola homestay yaitu Pengelola homestay dapat melakukan pengelolaan data homestay lebih mudah, selain itu juga dapat dimanipulasi sewaktu-waktu dan pembuatan laporan penyewaan homestay yang efektif dan efisien, dengan memanfaatkan teknologi informasi. Pelayanan terhadap para wisatawan atau pengunjung yang harus menjadi perhatian utama dalam mewujudkan Desa Bantaragung menjadi desa wisata yang ramah terhadap para wisatawan.
MENGUKUR USER EXPERIENCE SISTEM INFORMASI AKADEMIK Muhamad Nurdin
INFOTECH journal Vol 6 No 1 (2020): Volume 6 Nomor 1 Juni 2020
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem informasi akademik merupakan bagian penting pada universitas yang berfungsi sebagai alat bantu untuk pengelolaan kegiatan akademik. Tidak cukup unsur usability namun tingkat user experience juga merupakan unsur yang sangat penting untuk menjadi tolak ukur seberapa baik sistem informasi akademik tersebut digunakan. Studi ini mengadaptasi penggunaan User Experience Questionnare (UEQ) dengan versi bahasa Indonesia, melibatkan 70 mahasiswa yang telah menggunakan sistem informasi akademik lebih dari satu tahun untuk mengukur pengalaman pengguna sistem informasi akademik yang digunakan oleh Universitas Sangga Buana Bandung. Hasil penelitian ini diharapkan bisa bermanfaat untuk para praktisi user experience, pengajar mata kuliah interaksi manusia dan komputer, administrator sistem informasi akademik dan pengembang sistem informasi akademik juga pihak lainnya yang berkepentingan terhadap sistem informasi akademik. Berbagai hasil penemuan dalam studi ini juga diharapkan bisa bermanfaat untuk lembaga akademik lain yang menggunakan sistem informasi dalam pengelolaan kegiatan akademik.
RANCANG BANGUN ALAT PEMINDAI DOKUMEN MENGGUNAKAN RASPBERRY PI Susanti, Deffy; Syarif Abdurrohman, Muhammad
INFOTECH journal Vol 6 No 1 (2020): Volume 6 Nomor 1 Juni 2020
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dengan banyak nya dokumen yang harus di scan tentu memerlukan banyak waktu dan kelengkapan alat untuk memproses dokumen yang akan di scan. Sekitar 940 dokumen Kerja Praktek dan Tugas Akhir dipindai dalam waktu yang cukup lama. Lamanya proses waktu pemindaian di sebabkan salah satunya karena keterbatasan alat yang tersedia. Scanner merupakan alat untuk merekan benda yang ada di depannya, cara kerja scanner juga hampir sama dengan mesin fhoto copy yang bisa di lihat hasilnya langsung pada kertas sedangkan scanner atau alat pemindai ini menghasilkan berbutuk file gambar atau dokumen. Pembuatan perangkat keras berdasarkan perancangan yang telah dibuat tentunya memerlukan alat dan bahan dalam pelaksanaannya. a. Scanner yang dibuat menggunakan kamera OV5647 sebagai komponen utama untuk memindai dan bekerja lebih efektif dari scanner flatbed karna memiliki kecepatan yang jauh lebih baik, namun Scanner yang dibuat belum efisien karena gambar yang di hasilkan tidak sebagus scanner flatbed.
PROTOTIPE INFORMASI LOWONGAN KERJA DISNAKERIN MAJALENGKA SOPIANDI, II SOPIANDI
INFOTECH journal Vol 6 No 1 (2020): Volume 6 Nomor 1 Juni 2020
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rancang bangun informasi lowongan kerja DISNAKERIN Majalengka berbasis android ini merupakan sistem informasi lowonga kerja menggunakan media aplikasi berbasis mobile android. Penelitian ini bertujuan untuk membantu masyarakat di kabupaten Majalengka dalam meningkatkan efektifitas, efisiensi, dan kecepatan proses penyampaian informasi kepada masyarakat. Aplikasi ini digunakan oleh DISNAKERIN Majalengka sebagai media penyampaian informasi kepada masyarakat perihal informasi lowongan pekerjaan yang ada di kabupaten majalengka. Penelitian ini menggunakan metode Rapid Apllication Development (RAD) serta Unified Modeling Languange ­(UML) dan software yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah menggunakan Android Studio 2.3.2 serta bahasa pemograman PHP. Kata Kunci : Mobile android, lowongan kerja, DISNAKERIN Majalengka, Rapid Application Development
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA ABSENSI SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN JAVA NETBEANS IDE 8.0 Zaliluddin, Dadan
INFOTECH journal Vol 6 No 1 (2020): Volume 6 Nomor 1 Juni 2020
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Absensi merupakan hal yang wajib dilakukan untuk siswa. Dalam melakukan absensi masih menggunakan cara manual. Oleh karena itu, diperlukan suatu sistem absensi siswa yang dapat melakukan pendataan dan pengelolaan data agar dapat dilakukan secara cepat, efisien, dan akurat. Pembuatan sistem absensi siswa ini dilakukan dengan cara pengumpulan data, analisa sistem, perancangan sistem, dan implementasi sistem. Sistem ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman Java Netbeans IDE 8.0 dan MySQL untuk pengelolaan database. Sebagai hasil dari tugas akhir ini adalah dibuatnya aplikasi berbasis dekstop Sistem Informasi Absensi siswa Berbasis dekstop Menggunakan Java Netbeans IDE 8.0 yang memiliki fasilitas seperti: manajemen data siswa, manajemen data guru, manajemen absensi siswa, manajemen absensi guru. Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan proses absensi akan lebih efisien dan dapat dipantau dengan mudah oleh dosen dan oleh pusat.

Page 1 of 3 | Total Record : 24