cover
Contact Name
Sugeng Santoso
Contact Email
sugeng.santoso@mercubuana.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jimb@mercubuana.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650 Tlp./Fax: +62215871335
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis (JIMB)
ISSN : 24608424     EISSN : 26557274     DOI : https://doi.org/10.22441/jimb.v6i3.9825
In order to make Indonesia the center of the worlds Islamic economy, tourism is one of the potential sektors to be developed. The Ministry of Tourism and Creative Economy visited Indonesia as many as 6 million visitors until 2024. Kota Tua area is one of the priority tours that will be made Muslim-friendly tourism in DKI Jakarta. The purpose of this study is to provide recommendations for strategies in increasing visits to Kota Tua by 2000 visits each day where descriptive analysis is used as a research method FGD, Deep Interview, Literature Study. The Tourism Value Chain Accommodation, Food and Beverage and Tourism Assets is based on the Standard Business Field Classification KBLI so that it becomes a reference in developing Muslim-friendly tourism activities. Recommended strategies used from the accommodation sektor are Rebranding conventional hotels to halal / Sharia hotels, especially three-star hotels, accelerating halal hotel certification, synergies with the Islamic capital sektor, synergies with Islamic boarding schools, and synergies with creative fields of Architecture Interior Design. From the food and beverage sektor, it is proposed that the acceleration of halal certification, changes to healthy and halal food brands, and promotion by selecting a culinary ambassador to introduce local food. From the tourism asset sektor, Digital Tourism is one of the leading strategies, arranging museum collections, door-to-door promotions, increasing the intensity of performances held at museums, and increasing museum service programs as an institution that serves the community
Articles 182 Documents
PENGARUH KNOWLEDGE CREATION, KNOWLEDGE SHARING DAN KNOWLEDGE APPLICATION TERHADAP PEMBERDAYAAN KARYAWAN TETAP NON DOSEN (STUDI PADA UNIVERSITAS MERCU BUANA) Zumali, Zumali; Suharyadi, Suharyadi; S.K, Purwanto
Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/jimb.v4i1.4396

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh proses knowledge management yang terdiri dari knowledge creation, knwoledge sharing dan knowledge application terhadap pemberdayaan karyawan tetap non dosen (Studi pada Universitas Mercu Buana). Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan deskriptif. Populasi penelitian meliputi seluruh karyawan tetap non dosen pada Universitas Mercu Buana Jakarta. Jumlah sampel yang ditetapkan sebesar 116 responden dengan menggunakan metode sampel proporsional. Data penelitian dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner untuk memperoleh data yang dibutuhkan. Teknik pengujian data meliputi uji instrumen dan uji asumsi klasik. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis regresi linear berganda, uji t, uji f, uji koefisien determinasi (R2) dan analisa korelasi antar dimensi dengan bantuan program SPSS 23.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa knowledge creation, knowledge sharing dan knowledge application berpengaruh positif signifikan secara simultan terhadap pemberdayaan karyawan. Knowledge creation tidak berpengaruh secara parsial terhadap pemberdayaan karyawan, sedangkan knowledge sharing dan knowledge application berpengaruh positif signifikan secara parsial terhadap pemberdayaan karyawan. Dimensi kombinasi pada variabel knowledge creation berkorelasi sedang dengan kepercayaan, dimensi koleksi pada variabel knowledge sharing berkorelasi kuat dengan percaya diri dan dimensi mekanisme pada knowledge application berkorelasi kuat dengan percaya diri. Penelitian selanjutnya disarankan menambah variabel lain dari proses knowledge management yang belum digunakan dengan object atau populasi yang berbeda.
PELAYANAN DAN PERSEPSI HARGA Kasmo, Arief Bowo Prayoga; Santoso, Arif Budi
Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Vol 2, No 3 (2016): Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/jimb.v2i3.3745

Abstract

Persaingan antar usaha biro perjalanan wisata memberikan dampak pada evaluasi peningkatan kepuasankonsumen pengguna biro perjalanan wisata sebagai upaya untuk mempertahankan dan mengembangkanusaha jasa wisata domestik. MY Permata Wisata merupakan usaha perjalanan wisata yang relative baru,didirikan pada tahun 2013 dan mengkhususkan pada wisata domestik dengan visi untuk lebih mengenalkanwisata Indonesia pada masyarakat luas. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitaspelayanan dan persepsi harga pada kepuasan konsumen MY Permata Travel. Populasi penelitian ini yaitupengguna jasa biro perjalanan MY Permata Travel dengan tujuan wisata domestik meliputi Bali, Dieng, GreenCanyon-Pangadaran, Bromo, Krakatau, Karimun Jawa, Sawarna dan Pulau Pari, dengan jumlah sampelsebanyak 83 responden. Sampel penelitian dengan metode purposive sampling dan untuk uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikanantara kualitas pelayanan dan persepsi harga dengan kepuasaan konsumen, namun walaupun demikiankontribusi kualitas pelayanan dan persepsi harga pada kepuasan konsumen biro perjalanan wisata MYPermata Wisata hanya 43,7%. Saran dari penelitian ini adalah pengelola usaha MY Permata sebaiknya selaintetap menjaga kualitas pelayanan jasa dan persepsi harga untuk mempertahankan kepuasan konsumennyajuga memperhatikan faktor lain yang belum diteliti pada penelitian ini seperti pilihan produk jasa yangditawarkan, citra perusahaan dan lainnya.
SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN (DECISION SUPPORT SYSTEM DSS ) UNTUK PEMILIHAN KARYAWAN BERPRESTASI DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (STUDI KASUS DI AKADEMI TELEKOMUNIKASI BOGOR) Nashar, Muhammad; Sukamto, Anton; Parashakti, Ryani Dhyan
Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Vol 2, No 3 (2016): Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/jimb.v2i3.3837

Abstract

Karyawan merupakan faktor pendukung dalam sebuah perusahaan atau instansi, karena dengan adanyakaryawan yang memiliki standar kualifikasi perusahaan maka produktivitas perusahaan diharapkan akansemakin meningkat. Proses pemilihan karyawan berprestasi merupakan proses yang rumit danmemerlukan pertimbangan – pertimbangan yang cermat. Untuk memperoleh informasi yang cepat dan akurat akan prestasi kinerja karyawan yang tepat (memenuhi kriteria yang diharapkan), dibutuhkan suatuproses otomatisasi dengan menggunakan teknologi. Oleh karena itu kebutuhan sebuah sistem yangberbasis komputer dirasa sangat perlu guna memenuhi tuntutan akan kebutuhan informasi. Hal ini jugamengingat pemilihan karyawan berprestasi di Akademi Telekomunikasi Bogor masih di lakukan secaramanual. Hal inilah yang menjadi dasar penelitian. Penelitian yang dilakukan adalah membuat sebuahsistem yang dapat memberikan pertimbangan dalam melakukan pengambilan keputusan pemilihankaryawan berprestasi. Dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting dalam pengolahan data,hal ini memungkinkan sistem dapat memberikan perangkingan sesuai dengan kualitas masing – masingkaryawan dan diharapkan dapat mempermudah pengambil keputusan dalam menentukan karyawanberprestasi. Hasil dari penelitian ini berbentuk sebuah sistem pendukung keputusan yang dapat mengolahdata pemilihan karyawan berprestasi menjadi sebuah pertimbangan yang valid. Dari hasil penelitiantersebut diharapkan pengambil keputusan menjadi terbantu dalam menentukan karyawan mana yangberprestasi dalam Akademi Telekomunikasi Bogor.
MENINGKATKAN PERAN DAN NILAI STRATEGIS MSDM UNTUK MENUNJANG DAYA SAING ORGANISASI, PERSPEKTIF: COMPETENCE DAN TALENT MANAGEMENT Perkasa, Didin Hikmah
Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/jimb.v2i2.3701

Abstract

Berbagai pengaruh perubahan yang terjadi menuntut organisasi untuk membuka diri terhadap tuntutanperubahan dan berupaya menyusun strategi dan kebijakan yang selaras dengan perubahan lingkunganbisnis.Artinya suatu organisasi mampu menyusun strategi dan kebijakan yang ampuh untuk mengatasisetiap perubahan yang terjadi. Keberhasilan penyusunan kebijakan dan strategi organisasi akan didukunglebih banyak fungsi manajerial yang ada.Salah satu bidang fungsional strategi yang menjadi perhatianadalah Manajemen Sumber Daya Manusia.Organisasi yang mempunyai karyawan dengan kompetensi dantalentyangsesuaidengankebutuhanperusahaanakanmembuatperusahaanlebihkompetitif.
Analisa Kompensasi,Kompetensi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Unit Pelaynan PelangganKaryawan (Studi Kasus PT. KAI DAOP 1 Jakarta) Gani, Abdul
Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Vol 5, No 3 (2019): Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/jimb.v5i3.6935

Abstract

Tujuan  penelitian  ini adalah untuk menganalisa  apakah terdapat  pengaruh aspek kompensasi, kompetensi dan kepuasan kerja  terhadap kinerja karyawan  di Divisi Pelayanan Pelanggan PT KAI  DAOP 1 Jakarta.Rumusan   masalah   penelitian adalah  apakah   aspek kompensasi, kompetensi dan kepuasan kerja  berpengaruh  positif terhadap kinerja pegawai. Tujuan  penelitian adalah untuk  mengetahaui  bagaimana   pengaruh kompensasi, kompetensi dan kepuasan kerja terhadap kinerja PT. KAI DAOP 1 JakartaJumlah populasi  adalah karyawan di Divisi Pelayanan Pelanggan PT. KAI DAOP 1 Jakarta sebanmyak  114  orang . Berdasarkan  penentuan  besarnya   sampel dengan menggunakan   rumus Slovin,  jumlah sampel dalam penelitian ini sebesar 115  responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan  dengan metode nonprobabilitysamplingMetode analisa data menggunakan pendekatan statistik  deskriptif  dengan melakukan  i) Uji Kualitas Data, ii) Uji Koefisien determinasi, iii) Uji Signifikansi simultan ( uji statistik T)  dan Uji Hipotesisi.  Alat analisis pengolahan data dengan menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda Kesimpulan dari penelitian ini  adalah  aspek  kompensasi, kompetensi  dan  kepuasan  kerja   berpengaruh  secara signifikan   baik secara parsial  maupun simultan.
PENERAPAN POLA BAGI HASIL PADA SISTEM PENGUPAHAN DI RESTORAN PADANG SEDERHANA Rosdiana, Riska
Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Vol 4, No 3 (2018): Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/jimb.v4i3.5617

Abstract

Tesis ini secara spesifik dimaksudkan untuk mengetahui formulasi pembagian bagi hasil, mengurai dan menganalisis pola bagi hasil ditinjau dari konsep islam dan mengukur kepuasan pekerja yang menerima upah dengan pola bagi hasil di Restoran Sederhana. Ketertarikan penulis untuk melakukan penelitian ini yaitu dikarenakan melihat fenomena aksi buruh yang tiada henti atas tuntutan kenaikan upah minimum setiap tahunnya, sehingga harapannya penelitian ini dapat menjadi referensi untuk mencari solusi alternatif menyelesaikan masalah tersebut secara islam yaitu penerapan upah bagi hasil. Dalam penelitian ini dipergunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun yang menjadi variabel independent adalah kepuasan kerja dan yang menjadi variabel dependen adalah bagi hasil. Responden berjumlah 50 orang pekerja Restoran sederhana. Hasil dari penelitian ini adalah Pembagian hasil usaha yang dilaksanakan Restoran sederhana adalah setiap 100 hari sekali. Adapun formulasi pembagian nisbah bagi pekerja Restoran Sederhana yaitu dengan penentuan poin oleh manajer menggajian. Setelah diperoleh jumlah poin per pekerja, selanjutnya dihitung jumlah pendapatan per 100 hari yang diperoleh dari nilai nominal per poin dikalikan dengan jumlah poin. Setelah diketahui total pendapatan kemudian dibagi 100 untuk mengetahui pendapatan per hari. Karena pendapatan per hari akan dijadikan nominal pengurangan atas ketidakhadiran pekerja per hari. Selain potongan ketidakhadiran, ada potongan lain yang akan mempengaruhi pengurangan total pendapatan, diantaranya sebagai berikut: Pinjaman untuk kebutuhan sehari-hari, “Dayo” Pekerja dan Hari Ferai (absen). Sistem dan mekanisme bagi hasil yang diterapkan Restoran sederhana dalam ekonomi Islam dikenal dengan al-musyarakah, persentase bagi hasil yang diperoleh pekerja Restoran Sederhana sebesar 50% dari total profit bersih perusahaan. Selain itu, upah yang diperoleh pekerja sudah memenuhi kriteria upah secara Islam, yaitu adil dan layak. Berdasarkan hasil statistik menunjukkan bahwa bagi hasil memberi pengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja sebesar nilai R square = 0.764 (pada Tabel 4.7). Hal ini menunjukkan bahwa 76.4% dari varians Kepuasan Kerja dapat dijelaskan oleh perubahan dalam bagi hasil.
THE EFFECT OF QUALITY SERVICE DIMENSIONS ON CUSTOMER SATISFACTION PT. APJ Marlapa, Eri Marlapa
Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/jimb.v6i1.6983

Abstract

PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN JASA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT. APJOleh :Eri MarlapaFakultas Ekonomi Universitas Mercu Buana Jakartaeri.marlapa@mercubuana.ac.id  ABSTRACTThis study analyzes the influence of the dimensions of service quality on customer satisfaction. PT. APJ. This study aims to describe the quality of services provided by PT. APJ and measuring performance are influenced by job satisfaction which directly impacts high productivity on customer satisfaction at PT. APJ is based on the Servqual (Service Quality) model. This research is a category of business research that uses quantitative descriptive research methods. The population in this study were staff of company contractor employees who were customers of PT. APJ. The number of samples is 25 customers, using the nonprobability sampling method. The type of sample chosen using purposive sampling technique. Data collection is done through a questionnaire. The analysis technique used is multiple regression. Based on the results of the analysis it was found that the dimensions of service quality which included physical evidence, reliability, responsiveness, assurance, empathy had a positive and significant effect on customer satisfaction.Keywords: Service Quality, Servqual Model, physical evidence, reliability, responsiveness, assurance, empathy, customer satisfaction
ANALISIS DAMPAK KUALITAS PELAYANAN AKADEMIK TERHADAP LOYALITAS MAHASISWA DENGAN KEPUASAN MAHASISWA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING Hanafiah, Ali
Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Vol 1, No 3 (2015): Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/jimb.v1i3.577

Abstract

The aim of this study was 1) to determine and analyze the effect of quality of academic services to the satisfaction of students in the graduate program Mercu Buana University, 2) To know and analyze the influence of Quality of Academic Services for loyalty Students in graduate programs Mercu Buana University, 3) To know and analyze the influence of the Student Satisfaction Loyalty program graduate student at the University of Mercu Buana, and 4) To determine and analyze the effect of quality of academic services to students through Student Satisfaction Loyalty program Mercu Buana University graduate. Data analysis method used in analyzing the influence or relationship between the dependent variable and independent variables through an intervening variable. The method used is the analysis Path (Path Analysis). The results showed a significant difference between the quality of academic services for student satisfaction, it can be interpreted that if the quality of academic services performed Mercu Buana University graduate programs to students further improved, it will increase student satisfaction. The quality of academic services affect the loyalty of students, giving the sense that the higher the quality of academic services provided to the students, the more it will increase the loyalty of the students in the use of educational services in the graduate program Mercu Buana University. There is a significant relationship between student satisfaction to loyalty of students, it can be interpreted that if the level of student satisfaction increases, the loyalty of the student will also increase. Student satisfaction is able to become an intervening variable between academic service quality and loyalty of students, it can be interpreted that the higher the quality of academic services provided, it will increase the level of satisfaction of the students, so it will have an impact on increasing the loyalty of the students.Keywords: Academic Services satisfaction, student satisfaction and loyalty.
PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN (Studi Perusahaan Sub Sektor Perdagangan Eceran di Bursa Efek Indonesia Periode 2011–2015) Firdaus, Iwan; Sediaz, Sri Rahmaan Bagus
Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Vol 3, No 3 (2017): Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/jimb.v3i3.3861

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, likuiditas, dan struktur modalterhadap kebijakan dividen pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia subsektor perdagangan eceran periode 2011-2015. Pemilihan sampel dalam penelitian inimenggunakan metode purposive sampling dan didapatkan 10 perusahaan yang sesuaidengan kriteria. Data penelitian diperoleh dari Bursa Efek Indonesia. Metode yangdigunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dan didapatkan bahwamodel yang lebih tepat digunakan adalah fixed effect. Dari hasil penelitian didapatkannilai adjusted R-Square sebesar 33,97%. Secara parsial menunjukkan bahwa variabelprofitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kebijakan dividen dengan koefisien regresi sebesar 0.909461. Tetapi, variabel likuiditas secara parsial tidak berpengaruh positif terhadap kebijakan dividen dengan koefisien regresi sebesar 0.018971 dan variabel struktur modal secara parsial tidak berpengaruh positif kebijakan dividen dengan koefisien regresi sebesar 0.013034.
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, DAN BUDAYA ORGANISASIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Pegawai Negeri Sipil Dinas Koperasi, UMKM, Dan Perindustrian Kabupaten Bantul) Yusuf, Wahyu Baharudin; Subyantoro, Arief
Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/jimb.v6i1.8032

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)Pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap kinerja pegawai negeri sipil Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian Kabupaten Bantul, (2)Pengaruh budaya organisasional terhadap kinerja pegawai negeri sipil Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian Kabupaten Bantul, (3)Pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap kinerja pegawai melalui kepuasan kerja pegawai negeri sipil Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian Kabupaten Bantul, (4) Pengaruh budaya organisasional terhadap kinerja pegawai melalui kepuasan kerja pegawai negeri sipil Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian Kabupaten Bantul. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini bersifat sampling jenuh (sensus), di mana semua anggota populasi dijadikan sampel. Jumlah Pegawai Negeri Sipil Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian Kabupaten Bantul sejumlah 47 orang. Penelitian ini menggunakan metode sensus yaitu penelitian yang dilakukan dengan populasi sebagai sampel. Pengambilan data dengan wawancara dan kuesioner disusun dengan Skala Likert dan kemudian dihitung dengan metode SPSS. Hasil dari peneltian ini adalah: (1) Gaya Kepemimpinan Transformasional berpengaruh terhadap kinerja pegawai;(2) Budaya Organisasional berpengaruh terhadap kinerja pegawai; (3) Gaya Kepemimpinan Transformasional berpengaruh terhadap kinerja pegawai yang dimediasi kepuasan kerja; (4) Budaya Organisasional berpengaruh terhadap kinerja pegawai yang dimediasi kepuasan kerja

Page 1 of 19 | Total Record : 182