cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
FamilyEdu
ISSN : 19796714     EISSN : 25034820     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
FamilyEdu Journal is a media distribution and dissemination of research results, studies and ideas in the field of education, especially Family Welfare Education and Home Economiccs Education. The editors receive written contributions from research findings and studies in the field of Family Welfare Education. The editors have the right to add, subtract and complete the incoming entries, without altering the content of the content.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2020): Family Edu" : 7 Documents clear
Pengembangan MPI Berbasis Lectora Inspire pada Pembuatan Tusuk Hias di Prodi PKK Ramadhani, Mahyu; Abas, Tati; Ningsih, Mirna Purnama
FamilyEdu: Jurnal Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Vol 6, No 2 (2020): Family Edu
Publisher : Prodi PKK - Departemen PKK - Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena berangkat dari hasil analisis kebutuhan yang diperoleh bahwa potensi masalah pada pelaksanaan pembelajaran mata kuliah Seni dan Desain Hiasan yang selama ini berlangsung yaitu mahasiswa dituntut untuk dapat belajar secara mandiri. Efektifitas belajar mandiri perlu didukung oleh perangkat pembelajaran yang memadai serta sesuai dengan tuntutan teknologi yang sedang berkembang seperti saat ini. Berdasarkan temuan itulah perlu adanya pengembangan multimedia pembelajaran interaktif (MPI). Tujuan penelitian yaitu mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif (MPI) berbasis Lectora Inspire pada pembuatan tusuk hias. Model yang digunakan yaitu PPE (planning, production and evaluation). Partisipan dalam penelitian ini yaitu mahasiswa dan dosen pengampu mata kuliah Seni dan Desain Hiasan. Instrumen yang digunakan yaitu 1) pedoman wawancara mahasiswa; 2) pedoman wawancara dosen pengampu mata kuliah; dan 3) lembar validasi expert judgement. Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif (MPI) terdiri dari aspek media dan aspek video tutorial dengan tahapan pembuatan video tutorial, pembuatan multimedia pembelajaran interaktif (MPI) dengan menggunakan software Lectora Inspire serta pembuatan buku panduan penggunaan (manual book). Hasil expert jugement yang dilakukan oleh tiga orang ahli, yaitu satu orang ahli media dan dua orang ahli materi menunjukan bahwa multimedia pembelajaran interaktif (MPI) berbasis Lectora Inspire pada pembuatan tusuk hias sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk mata kuliah Seni dan Desain Hiasan.
Pengembangan Job Sheet Florist Berbasis Contextual Teaching Learning Pada Praktik Akomodasi Perhotelan Putri, Nurul Amalia Zudhianti; Rohaeni, Neni; Ana, Ana
FamilyEdu: Jurnal Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Vol 6, No 2 (2020): Family Edu
Publisher : Prodi PKK - Departemen PKK - Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berdasarkan pembelajaran florist yang terdiri dari teori dan praktik. Dalam kurikulum 2013 peserta didik dituntut untuk aktif sehingga strategi pembelajaran yang dapat digunakan adalah pendekatan berbasis contextual teaching learning. Selain pendekatan salah satu yang dapat menunjang keberhasilan pembelajaran yaitu menggunakan job sheet. Penggunaan job sheet berbasis contextual teaching and learning dapat membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata peserta didik yang mendorong peserta didik membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan job sheet florist berbasis contextual teaching learning pada praktik akomodasi perhotelan, dan melakukan uji kelayakan melalui expert judgment. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan PPE (Planning, Production, dan Evaluation). Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan wawancara, validasi expert judgment dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa pengembangan job sheet berbasis contextual teaching learning dengan menerapkan 7 komponen yaitu komponen pembelajaran konstruktivis, Inquiry, Questioning, Learning Community, Modeling, Reflection, Authentic assessment, dapat membantu peserta didik dalam pelaksanaan praktik.
Pengembangan Job Sheet Making Bed Berbasis Standard Operational Procedure Di SMK Akomodasi Perhotelan Khaerani, Meiliya Dini; Rohaeni, Neni; Jubaedah, Yoyoh
FamilyEdu: Jurnal Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Vol 6, No 2 (2020): Family Edu
Publisher : Prodi PKK - Departemen PKK - Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah job sheet yang peserta didik gunakan masih berada di dalam buku pelajaran, sehingga tidak sesuai dengan prosedur pembuatan job sheet, fungsi job sheet, tujuan job sheet dan kebutuhan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk merancang job sheet making bed berbasis SOP di SMK Akomodasi Perhotelan sesuai dengan analisis kebutuhan, mengembangkan job sheet yang sudah ada menjadi job sheet making bed berbasis SOP dan mengevaluasi job sheet making bed berbasis SOP melalui expert judgment untuk uji validasi. Metode pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode PPE (Planning, Production, Evaluation). Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Hasil analisis kebutuhan menunjukan bahwa job sheet yang dibutuhkan peserta didik meliputi judul, petunjuk belajar, keselamatan kerja, daftar bahan yang digunakan, langkah kerja, gambar pendukung serta pedoman self evaluation. (2) Job sheet making bed dikembangkan sesuai dengan SOP hotel yang berlaku. (3) Tahap evaluasi pada job sheet melalui expert judgment dilakukan oleh empat validator yaitu dua ahli materi dan dua ahli kurikulum pembelajaran. Hasil validasi ahli materi diperoleh sebesar 93% dengan kriteria sangat layak dan hasil validasi oleh ahli kurikulum sebesar 95% dengan kriteria sangat layak. Dapat disimpulan bahwa job sheet making bed berbasis SOP yang dikembangkan layak untuk digunakan. Kata kunci : Pengembangan Job Sheet, Making bed, SOP, Akomodasi Perhotelan
Pengembangan Job Sheet Perawatan Bayi Pada Mata Kuliah Pendidikan Babysitter dan Caregiver Lestari, Desti; Achdiani, Yani; Widiaty, Isma
FamilyEdu: Jurnal Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Vol 6, No 2 (2020): Family Edu
Publisher : Prodi PKK - Departemen PKK - Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini yaitu belum adanya bahan ajar job sheet yang lengkap dan sistematis di mata kuliah Pendidikan Babysitter dan Caregiver, oleh karena itu perlu dikembangkan job sheet sesuai SKKNI dan panduan pembuatan job sheet. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan job sheet perawatan bayi sebagai panduan pada saat praktik secara mandiri. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R D) dengan model (PPE) Planning, Production, Evaluasi. Pengembangan job sheet perawatan bayi meliputi struktur komponen job sheet, konten materi, dan langkah-langkah kerja. Hasil expert judgment bahwa job sheet perawatan bayi khususnya perawatan tali pusat dan memandikan bayi berada pada kriteria sangat layak untuk digunakan. Ketercapaian kriteria tersebut divalidasi oleh ahli akademisi kebidanan dan ahli materi. Rekomendasi bagi dosen pengampu, hendaknya job sheet perawatan bayi dapat dijadikan panduan pelaksanaan pembelajaran praktik agar lebih terarah sehingga memperoleh hasil yang optimal dan bagi penelitian selanjutnya diharapkan dapat diuji cobakan melalui implementasi job sheet.Kata Kunci : Job sheet, Perawatan Tali Pusat, Memandikan Bayi.
Pengembangan Job sheet Reception Check-in sebagai Receptionist di Front Office Department Kusumawati, Puspasari; Rohaeni, Neni; Jubaedah, Yoyoh
FamilyEdu: Jurnal Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Vol 6, No 2 (2020): Family Edu
Publisher : Prodi PKK - Departemen PKK - Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa job sheet reception check-in yang telah dikembangkan sebagai panduan untuk peserta didik melakukan praktik. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu Research and Development (R D) dengan menggunakan model PPE. Model PPE terdiri dari tiga tahap yaitu Planning (Perancangan), Production (Produksi), dan evaluation (evaluasi).  Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pengembangan job sheet dilakukan dengan analisis kebutuhan. Analisis kebutuhan dilakukan ketika peneliti melakukan PPL di SMK Negeri 9 Bandung melalui wawancara online. Hasil yang di dapat menyatakan bahwa job sheet reception check-in tersedia namun belum sesuai dengan struktur dan komponen job sheet, sehingga job sheet perlu dikembangkan dan dilakukan uji validasi agar job sheet reception check-in yang dikembangkan layak digunakan. Expert Jugdment (uji kelayakan) dalam pengembangan job sheet reception check-in yang dilakukan oleh ahli kurikulum dan ahli materi front office. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari ahli kurikulum termasuk dalam kategori “sangat layak” dengan total rata-rata skor seluruh aspek dari kedua ahli sebesar 88,5%. Hasil yang diperoleh dari ahli materi termasuk dalam kategori “sangat layak” dengan total rata-rata skor seluruh aspek dari kedua ahli sebesar 94,77%. Hal ini menunjukkan bahwa pengembangan job sheet reception check-in “sangat layak” digunakan sebagai panduan peserta didik ketika melakukan praktik resepsionis pada mata pelajaran front office yang sesuai dengan SOP front office department.
Pengembangan Video Tutorial Melukis Kain Dengan Teknik Batik Malam Dingin Pada Pembelajaran Batik Hadiyanti, Nur Dewi; Abas, Tati; Ningsih, Mirna Purnama
FamilyEdu: Jurnal Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Vol 6, No 2 (2020): Family Edu
Publisher : Prodi PKK - Departemen PKK - Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berdasarkan hasil analisis kebutuhan pada Mata Kuliah Batik yang dilakukan oleh peneliti di program keahlian Prakarya, Prodi PKK FPTK UPI. Hasil analisis kebutuhan menunjukan bahwa dibutuhkannya pengayaan dan pengembangan untuk materi batik malam dingin, terutama pengembangan media. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangakan media pembelajaran berupa video tutorial untuk Mata Kuliah Batik. Penelitian ini menggunakan metode Research And Development (R D) dengan model PPE (Planning, Production and Evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa video tutorial dapat digunakan untuk media pembelajaran, dengan rincian hasil validasi oleh ahli materi dengan rata-rata persentase 100% dan ahli media dengan rata-rata persentase 85,71% sehingga berada pada kategori sangat layak, karena aspek kualitas materi, kebermanfaatan materi, kualitas media, penggunaan bahasa, dan layout media sudah memenuhi kriteria penilaian yang ada. Rekomendasi diajukan kepada dosen Mata Kuliah Batik untuk menggunakan video tutorial sebagai media pembelajaran untuk mendukung kemandirian mahasiswa dalam proses pembelajaran, dan bagi calon peneliti agar bisa mengimplementasikan video tutorial ini dan menguji keefektivitasannya.
Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Pada Kompetensi Dasar Menganalisis Jenis-jenis NAPZA di SMK Pekerjaan Sosial Rosyid, Feby Khoerur Rijal; Rohaeni, Neni; Rinekasari, Nenden Rani
FamilyEdu: Jurnal Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Vol 6, No 2 (2020): Family Edu
Publisher : Prodi PKK - Departemen PKK - Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research departs from the problem, namely the material types of drugs that are abstract and a little difficult to explain which needs explanation equipped with pictures or videos because they cannot choose the types of drugs directly in the class and the unavailability of source books from the subjects students stick to the material presented by the teacher in the classroom. The teacher has used learning media in delivering material but it is limited to projection text in the form of power points that contain and images that make learning tend to be oblique and monotonous. This study aims to develop multimedia learning based on Adobe Flash on the basic competencies of analyzing the types of drugs in the Social Work Vocational School. The method used in this research is Research and Development (R D) with the Planning, Production, and Evaluation (PPE) model developed by Richey and Klein. Data techniques in research using two of the latest research instruments, documentation and expert assessment validation format. The expert assessment was carried out by four PKK FPTK UPI lecturers consisting of two drug material experts and two instructional media experts. The results of the validation carried out by two drug material experts and two instructional media experts were stated "very feasible" to be used with revisions according to the suggestions and comments of the validator so that they could be used as teaching materials.

Page 1 of 1 | Total Record : 7