cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalbhaktisaraswati@unmas.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Bakti Saraswati
ISSN : 20882149     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Bakti Saraswati Berfokus pada publikasi hasil-hasil penelitian, baik penelitian murni maupun terapan dan ulasan (review) penerapan IPTEKS bagi masyarakat, serta pemikiran-pemikiran kritis IPTEKS.
Arjuna Subject : -
Articles 92 Documents
MEMPERKUAT PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI MEDIA BERCERITERA Astuti, Ketut Wendi
Jurnal Bakti Saraswati (JBS): Media Publikasi Penelitian dan Penerapan Ipteks Vol 8 No 1 (2019): Jurnal Bakti Saraswati (JBS): Media Publikasi Penelitian dan Penerapan IPTEKS
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan (Institute for Research and Community Empowerment) Universitas Mahasaraswati Denpasar Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (165.872 KB)

Abstract

Pembentukan Karakter kini sedang menjadi wacana hangat dibicarakan. Pendidikan karakter generasi bangsa saat ini dipandang layak dikedepankan dan dibenahi di tengah-tengah merosotnya mentalitas dan moralitas anak bangsa dan semakin meningkatnya ancaman terhadap keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan dasar Negara Pancasila. Menindak lanjuti permasalahan tersebut, maka mengangkat penelitian dengan judul Memperkuat Pendidikan Karakter Melalui Media Berceritera, dengan permasalahan: 1) Apakah pembelajaran melalui media berceritera dapat memperkuat pendidikan karakter. 2) Apakah makna yang terkandung dalam pembelajaran melalui media berceritera. Tujuan yang ingi dicapai adalah: 1) Untuk mengetahui pembelajaran melalui media berceritera dapat memperkuat pendidikan karakter. 2) Untuk mengetahui makna yang terkandung dalam pembelajaran melalui media berceritera. Adapun metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metoda penelitian historis-kualitatif, dengan metodapengumpulan data dengan teknik studi documenter/bibliographis, dan analisa data bersifat kualitatif-deskriptif dan interpretatip. Adapun teori yang dipergunakan adalah: 1) teori Resepsi, 2) teori tindakan dan 3) teori symbol. Hasil penelitian seperti berikut: 1) Bahwa pembelajaran melalui media berceritera dapat memperkuat pendidikan karakter peserta didik. 2) Makna yang terkandung dalam pembelajaran melalui media berceritera adalah : 1) makna religious, 2) makna pembelajaran, dan 3) makna kerja sama.
HUBUNGAN ANTARA PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DENGAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X-1 DI SMA KARYA WISATA SINGARAJA TAHUN AJARAN 2010/2011 Kherismawati, Ni Putu Eka ,; Tripalupi, Lulup Endah; Meitriana, Made Ary
Jurnal Bakti Saraswati (JBS): Media Publikasi Penelitian dan Penerapan Ipteks Vol 8 No 1 (2019): Jurnal Bakti Saraswati (JBS): Media Publikasi Penelitian dan Penerapan IPTEKS
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan (Institute for Research and Community Empowerment) Universitas Mahasaraswati Denpasar Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (177.576 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis sumber belajar yang digunakan guru dalam pelajaran ekonomi, penggunaan sumber belajar oleh guru pada mata pelajaran ekonomi, kegiatan belajar siswa kelas X-1 dan hubungan penggunaan sumber belajar dengan kegiatan belajar siswa di bidang ekonomi. Mata pelajaran di kelas X-1. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Subjek penelitian ini adalah guru ekonomi dan siswa kelas X-1 SMA Karya Wisata Singaraja, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah sumber belajar yang digunakan oleh guru dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X-1 di SMA Karya Wisata Singaraja. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, dokumentasi dan metode observasi. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif untuk mengukur penggunaan sumber belajar dan aktivitas belajar siswa dan analisis statistik menggunakan teknik analisis korelasi product moment untuk menentukan apakah ada hubungan antara penggunaan sumber daya pembelajaran dan aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis sumber belajar yang digunakan oleh guru adalah dengan mendesain sumber belajar dalam bentuk buku teks, modul / lembar kerja siswa (LKS) dan sumber belajar dengan utilitas berupa penggunaan internet, penggunaan sumber belajar oleh guru dalam kategori baik, kegiatan belajar siswa menunjukkan siswa kurang aktif dalam belajar. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara penggunaan sumber belajar dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X-1 di SMA Karya Wisata Singaraja 2010/2011 dengan perolehan rxy sebesar 0,485. t hitung yang diperoleh adalah 3,419 dan bila dibandingkan dengan t tabel adalah 1,686 pada taraf signifikansi 5%, t hitung yang diperoleh adalah 3,419 dan bila dibandingkan dengan t tabel adalah 1,686 pada taraf signifikansi 5%, t hitung lebih besar daripada t tabel sehingga Ha diterima.  
PERSEPSI TENTANG KRISIS ETIKA AKUNTAN DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA Ernawatiningsih, Ni Putu Lisa; Pramesti, I Gusti Ayu Asri
Jurnal Bakti Saraswati (JBS): Media Publikasi Penelitian dan Penerapan Ipteks Vol 8 No 1 (2019): Jurnal Bakti Saraswati (JBS): Media Publikasi Penelitian dan Penerapan IPTEKS
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan (Institute for Research and Community Empowerment) Universitas Mahasaraswati Denpasar Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (38.82 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris pengaruh dari idealisme, relativisme, dan tingkat pengetahuan akuntansi terhadap persepsi mahasiswa akuntansi tentang krisis etika akuntan. Data dalam penelitian ini adalah data primer, sampel penelitian ini sejumlah 85 mahasiswa program studi akuntansi Universitas Mahasaraswati Denpasar angkatan 2015. Metode Pengambilan sampel dilakukan dengan proportionate stratified random sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa idealisme dan tingkat pengetahuan akuntansi berpengaruh negatif terhadap persepsi mahasiswa akuntansi tentang krisis etika akuntan, sedangkan relativisme berpengaruh positif terhadap persepsi mahasiswa akuntansi tentang krisis etika akuntan.
PENERAPAN INKUIRI TERBIMBING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA POKOK BAHASAN ANALISIS VEKTOR DI STMIK STIKOM INDONESIA Putri, Ni Wayan Suardiati; Suryati, Ni Kadek
Jurnal Bakti Saraswati (JBS): Media Publikasi Penelitian dan Penerapan Ipteks Vol 8 No 1 (2019): Jurnal Bakti Saraswati (JBS): Media Publikasi Penelitian dan Penerapan IPTEKS
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan (Institute for Research and Community Empowerment) Universitas Mahasaraswati Denpasar Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (192.12 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas H, mata pelajaran matematika 1 di STMIK STIKOM Indonesia melalui penerapan pembelajaran inkuiri pembelajaran analisis vektor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kurt Lewin. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas H mata pelajaran Matematika 1 di STMIK STIKOM Indonesia sebanyak 29 siswa. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar analisis vektor. Hal ini ditunjukkan oleh peningkatan persentase aktivitas belajar siswa dari siklus pertama ke siklus kedua sebesar 25,56% dan persentase peningkatan nilai rata-rata siswa, penguasaan pembelajaran, penyerapan dari pra-siklus ke siklus pertama masing-masing 9,18% 13,33%, dan 9,18%, dan persentase peningkatan nilai rata-rata siswa, penguasaan belajar, dan penyerapan dari siklus I ke siklus II adalah 12,69%, 41,19% dan 12,69%.
PENGUATAN LITERASI PETANI TERHADAP PENGEMBANGAN USAHATANI PADI BERBASIS ORGANIK DI SUBAK MELILING, KECAMATAN KERAMBITAN, KABUPATEN TABANAN Diarta, I Made; Tamba, I Made; Suharianti, Ni Putu Noni
Jurnal Bakti Saraswati (JBS): Media Publikasi Penelitian dan Penerapan Ipteks Vol 8 No 1 (2019): Jurnal Bakti Saraswati (JBS): Media Publikasi Penelitian dan Penerapan IPTEKS
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan (Institute for Research and Community Empowerment) Universitas Mahasaraswati Denpasar Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (159.307 KB)

Abstract

Dampak negative dari sistem pertanian konvensional sebetulnya sudah dirasakan oleh para petani, namun pada umumnya petani-petani tersebut cenderung mengabaikan. Dampak negative yang telah dirasakan petani, antara lain:  struktur tanah menjadi keras sehingga butuh biaya pengolahan tanah, akar tanaman berkurang dan sulit menyerap hara,  produktivitas lahan pertanian menurun dan dosis pupuk semakin meningkat.  Dampak lainnya adalah: terjadinya pencemaran pada badan air dan areal pertanian, berkurangnya populasi dan jumlah organisme dalam tanah, terjadinya kekebalan pada hama-hama tertentu akibat penggunaan pestisida dengan dosis tinggi, adanya residu bahan kimia pada produk-produk pertanian, dan masih banyak dampak negatif lainnya.  Untuk menanggulangi hal tersebut, maka dilakukan program pemberdayaan petani melalui program KKN-PPM yang kegiatan utamanya bertujuan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan petani dalam menerapkan usahatani padi berbasis organik. Metode yang digunakan mayoritas berupa penyuluhan dan pelatihan disamping pendampingan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pengetahuan dan ketrampilan petani dapat dikondisikan secara memadai untuk menerapkan usahatani padi berbasis organic. Diharapkan agar petani secara berkelanjutan menerapkan usahatani padi berbasis organic sebagai upaya konservasi lingkungan sebagai tabungan bagi generasi mendatang
PENENTUAN HIPOSENTER GEMPA GUNUNG KARANGETANG SULAWESI UTARA MENGGUNAKAN METODA RANDOM SEARCH Maharani, Nia
Jurnal Bakti Saraswati (JBS): Media Publikasi Penelitian dan Penerapan Ipteks Vol 8 No 1 (2019): Jurnal Bakti Saraswati (JBS): Media Publikasi Penelitian dan Penerapan IPTEKS
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan (Institute for Research and Community Empowerment) Universitas Mahasaraswati Denpasar Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (291.209 KB)

Abstract

Paper ini membahas tentang aplikasi metoda pencarian acak dalam menentukan titik terjadinya gempa pada gunung Karangetang. Prinsip metoda ini pada dasarnya sama dengan metoda pencarian sistematik tetapi pemilihan model untuk dievaluasi dilakukan dengan cara membangkitkan bilangan random sebanyak 40. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data waktu tiba gelombang Primer untuk kejadian gempa tanggal 3, 6, 7, 8, 9 dan 10 April 2002.
PEMBERDAYAAN PEDAGANG PASAR SENI GUWANG YANG BERWAWASAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN RAMAH LINGKUNGAN Wiryawan, I Wayan Gde; Putra, I Gede Cahyadi; Dewi, Ni Putu Shinta
Jurnal Bakti Saraswati (JBS): Media Publikasi Penelitian dan Penerapan Ipteks Vol 8 No 1 (2019): Jurnal Bakti Saraswati (JBS): Media Publikasi Penelitian dan Penerapan IPTEKS
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan (Institute for Research and Community Empowerment) Universitas Mahasaraswati Denpasar Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (213.354 KB)

Abstract

Salah satu pasar seni yang terdapat di kabupaten Gianyar adalah pasar seni Guwang. Pasar seni Guwang berlokasi di Desa Guwang, Kecamatan Sukawati Kabupaten Gianyar.  Berdasarkan  data perkembangan Pasar Seni tersebut, sangatlah mungkin apabila perguruan tinggi khususnya Universitas Mahasaraswati Denpasar selaku institusi pendidikan ikut berperan serta dalam pengembangan dan mempertahankan eksistensi Pasar Seni Guwang melalui Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM). Perberdayaan dan pendampingan dari pengelolaan manajemen keuangan pengelola pasar, manajemen pemasaran, manajemen informasi dan manajemen lingkungan pasar serta layout kios tempat pedagang berjualan. Pasar seni Guwang berlokasi di Desa Guwang, Kecamatan Sukawati Kabupaten Gianyar. Lokasi pasar sangat strategis, karena satu jalur kearah objek wisata lainnya seperti ubud dan kintamani. Pasar seni Guwang memiliki fasilitas parkir yang luas, sehingga bisa menampung puluhan bus pariwisata. Bentuk bangunan dibuat seperti letter U, dibagi menjadi tiga blok yaitu blok A pada sisi kiri, blok B di sisi kanan dan C diujung sebagai penghubung antara blok A dengan B. Kontribusi mendasar program ini adalah pengelolaan manajemen keuangan dan pelaporan yang sesuai dengan standar, peningkatan pemasaran melalui website, peningkatan kualitas SDM, peningkatan kualitas kebersihan lingkungan Pasar Seni Guwang. Kegiatan yang telah dicapai adalah pembersihan lingkungan di areal Pasar Seni Guwang, peremajaan dan penataan kebun di halaman Pasar Seni Guwang, pembuatan garis-garis (marka) parkir sepeda motor di halaman parkir depan Pasar Seni Guwang, pengecatan ruang informasi, workshop manajemen pemasaran dan keuangan bagi para pedagang dan pengelola Pasar Seni Guwang, pelatihan ketrampilan berbahasa asing yaitu bahasa inggris dan mandarin serta melaksanakan pelatihan komputer yaitu program word dan excel bagi pengelola Pasar Seni Guwang.
ABDIMAS SMP NEGERI 7 DENPASAR Arjaya, Ida Bagus Ari; Susrawan, I Nyoman Adi
Jurnal Bakti Saraswati (JBS): Media Publikasi Penelitian dan Penerapan Ipteks Vol 7 No 2 (2018): Jurnal Bakti Saraswati: Media Publikasi Penelitian dan Penerapan IPTEKS
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan (Institute for Research and Community Empowerment) Universitas Mahasaraswati Denpasar Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (79.864 KB)

Abstract

SMP Negeri 7 Denpasar is one of the leading schools located in the City Center, namely Jalan Gunung Rinjani, Denpasar. This school has many achievements, both in the academic field and in the non-academic field. In the academic field, SMP Negeri 7 Denpasar is one of three school public schools that have passed verification from the Education Office to implement UNBK. SMP Negeri 7 Denpasar also received an award as one of the schools with integrity in the implementation of National Examination with a value of 9.5. Although most of the teachers at SMP Negeri 7 Denpasar have applied the student active learning approach, in reality teachers find it difficult to implement e-learning  models. Related to similar aspects, namely learning problems. From the aspect of library facilities, SMP Negeri 7 Denpasar already has a representative library and is very comfortable to be used by students both for learning and doing assignments .. But the obstacles or problems here are the types of reading books and subject books in SMP Negeri 7 Denpasar still classified less so students only get reading literature or limited learning resource books. The method used in this study is the interview method, namely in-depth interviews with informants, discussion methods, methods of active participation, demonstration methods, and methods of analyzing the understanding of trainees' teachers (pretest and post test) using a t-test. The results of the analysis show that there are significant differences (p = 0.001 <?) of the teachers' understanding in SMP Negeri 7 Denpasar between before and after participating in e-learning training.
EVALUASI RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PADA PELAKSANAAN PPL TERHADAP PEMAHAMAN MAHASISWA DALAM PENERAPAN SCIENTIFIC APPROACH Anak Agung Inten Paraniti; Putu Ledyari Noviyanti
Jurnal Bakti Saraswati (JBS): Media Publikasi Penelitian dan Penerapan Ipteks Vol 8 No 1 (2019): Jurnal Bakti Saraswati (JBS): Media Publikasi Penelitian dan Penerapan IPTEKS
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan (Institute for Research and Community Empowerment) Universitas Mahasaraswati Denpasar Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (617.897 KB)

Abstract

Evaluasi kurikulum merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk meningatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Kurikulum terkini yang digunakan oleh berbagai satuan pendidikan di Indonesia adalah kurikulum 2013. Pendekatan pembelajaran yang digunakan dalam kurikulum 2013 adalah pendekatan saintific/pendekatan berbasis proses keilmuan dengan lima langkah pokok yaitu: mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/mencoba, menalar/mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. Hal tersebut telah tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 103 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Menengah tahun 2014. Setiap guru ataupun calon guru seharusnya memahami dengan baik pendekatan saintifik sebagai dasar dalam mengelola proses pembelajaran di kelas. Berdasarkan latar belakang tersebut dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengkaji tingkat pemahaman mahasiswa dalam penerapan scientific approach. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa FKIP Unmas Denpasar yang melaksaanakan kegiatan PPL tahun akademik 2018-2019. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa MIPA di lingkungan FKIP Unmas Denpasar yang terdiri dari 29 orang mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi dan 37 orang mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Analisis data dengan deskriptif kuantitatif yang dilihat dari analisis dokumen rencana pelaksanaan pembelajaran dan lembar penilaian pemahaman scientific learning. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat pemahaman mahasiswa dalam penerapan scientific approach termasuk dalam kategori baik.  
PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA DI STMIK STIKOM BALI Wijaya, I Gusti Ngurah Satria
Jurnal Bakti Saraswati (JBS): Media Publikasi Penelitian dan Penerapan Ipteks Vol 7 No 2 (2018): Jurnal Bakti Saraswati: Media Publikasi Penelitian dan Penerapan IPTEKS
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan (Institute for Research and Community Empowerment) Universitas Mahasaraswati Denpasar Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (400.901 KB)

Abstract

       In teaching and learning activities the role of motivation is very necessary. The low motivation of student learning is often thought to be the cause of the low quality of graduates of a college. This causes in some private universities, learning motivation factors get special attention. Measuring the success of students in following the learning process in an educational institution is indicated by student learning achievement. Based on the background above, the authors conducted a study that aimed to examine the effect of the relationship between student learning motivation on student learning achievement at STIMIK Stikom Bali. The data used in this study are primary data derived from filling out questionnaires from STIMIK Stikom Bali students. The analysis technique used to study the effect of learning motivation on student learning achievement is simple linear regression. The results of this study are student learning motivation has a positive effect on student learning achievement significantly. The benefits of this study can provide evaluation results for the management of STIKOM Bali's STMIK management about the relationship between learning motivation and student learning achievement so that it becomes a consideration for improving the quality of education in STMIK STIKOM Bali.

Page 1 of 10 | Total Record : 92