cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
PENA
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 142 Documents
MC-PS (MATH CARD PECAHAN SENILAI) BERBASIS KEARIFAN LOKAL SIRI’ NA PACCE PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KONSEP PECAHAN SENILAI PADA SISWA KELAS VII SMP Hidayah, Ashar
JURNAL PENA Vol 5, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1213.318 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal Siri’Na Pacce dalam pembelajaran matematika konsep pecahan senilai dengan penerapan Domika pada siswa kelas VII SMP.  “MC-PS (Math Card Pecahan Senilai) Berbasis Kearifan Lokal Siri’Na Pacce adalah alat peraga pecahan senilai digunakan melalui sebuah permainan kartu pecahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII F SMP Kemala Bhayangkari Makassar yang berjumlah 24 siswa, terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah teknik observasi dan tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dari penerapan MC-PS (Math Card Pecahan Senilai) Berbasis Kearifan Lokal Siri’Na Pacce yaitu dapat meningkatkan sikap antusias siswa dalam belajar, sikap partisipasi, kerja sama serta prakarsa atau hasil kerja. Peningkatan hasil  belajar matematika yang diperoleh siswa dari pra tindakan ke siklus I sebesar 13,9 (dengan rata-rata nilai pada pra tindakan sebesar 63,18 sedangkan pada siklus I sebesar 77,08). Peningkatan hasil belajar matematika dari siklus I dan siklus II sebesar 8,33 (dengan rata-rata nilai pada siklus I sebesar 77,08 sedangkan pada siklus II sebesar 85,41). Sedangkan siswa yang tuntas belajarnya juga mengalami peningkatan pada pra tindakan siswa yang tuntas belajarnya 10 siswa (41,67%), pada siklus I yaitu 15 siswa (62,5%) dan pada siklus II siswa yang tuntas 21 siswa (87,5%). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan MC-PS (Math Card Pecahan Senilai) Berbasis Kearifan Lokal Siri’Na Pacced apat meningkatkan pemahaman  siswa tentang makna dari budaya lokal yang diterapkan dalam pembelajaran serta mampu menigkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Kearifan  Lokal Siri’Na Pacce, Matematika, MC-PS (Math Card Pecahan Senilai) 
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 BULUKUMBA KABUPATEN BULUKUMBA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN SUGESTOPEDIA Bursan, Ilham Zulhidayat
JURNAL PENA Vol 1, No 1 (2014)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (244.886 KB)

Abstract

Menulis kreatif puisi merupakan salah satu keterampilan bidang apresiasi sastra yang harus dikuasai oleh siswa SMA.Observasi awal yang dilakukan peneliti pada tanggal 10 - 15 Mei 2013 pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Bulukumba, ditemukan masalah pada rendahnya keterampilan menulis puisi. Data yang diperoleh dari guru bidang studi Bahasa Indonesia menunjukkan bahwa 80 % siswa belum mampu menulis puisi dengan baik atau dibawah standar KKM 65 karena metode yang digunakan guru dalam mengajarkan keterampilan menulis puisi di SMA Neg. 3 Bulukumba khususnya masih menggunakan metode konvensional yaitu ceramah. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilanmenulis puisi pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Bulukumba Kabupaten Bulukumba melalui penerapan strategi pembelajaran sugestopedia. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Bulukumba pada semester ganjil tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah 30 siswa.Kata Kunci: Hasil Belajar, Keterampilan Menulis Puisi, dan Strategi Pembelajaran Sugestopedia.
MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL MELALUI SELF REGULATED LEARNING DALAM MEMBENTUK KARAKTER BANGSA YANG KUAT Awaluddin, Awaluddin; Muthmainnah, St. Amaliah; Ali, Muh. Ridwan
JURNAL PENA Vol 1, No 1 (2014)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (203.28 KB)

Abstract

Indonesia sebagai sebuah bangsa yang selalu mengedepankan nilai-nilai etika dan estetika serta moral yang berbudi luhur di dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara sudah sangat tergerus oleh kemajuan-kemajuan zaman saat ini, salah satu alasannya karena mereka tidak memilki kecerdasan emosi ketika pengarunh tertinggi dalam kehidupan yaitu 80 persen berasal dari kecerdasan emosi dan 20 berasal dari kecerdasan intelektual. Tapi sekarang lebih menekankan kesebagian besar intelektual bukan emosional sehingga begitu banyak penyimpangan yang terjadi, dengan demikian peningkatan kecerdasan emosional harus diterapkan melalui metode Self Regulated Learning untuk menciptakan motivasi pribadi yang penuh, kepribadian, peduli lingkungan dan mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya sehingga membentuk karakter yang kuat dan akan menjadi pengaruh yang kuat pada bangsa.Kata Kunci: Kecerdasan Emosi, Self Regulated Learning, Karakter Bangsa.
KARTU ISLAMI BERBASIS BUDAYA LOKAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT PADA ANAK SEKOLAH DASAR Hasnih, Hasnih; Kartika, Kartika; Juanda, Amanda
JURNAL PENA Vol 2, No 1 (2015)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (559.538 KB)

Abstract

Pendidikan memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan suatu bangsa. Salah satu jenjang pendidikan formal yang paling berperan dalam hal pengembangan karakter bangsa adalah sekolah dasar (SD).  Anak sekolah dasar dikatakan sebagai masa bahagia karena masa tersebut digunakan lebih banyak dengan bermain. Permainan penting untuk perkembangan otak, untuk meningkatkan konsentrasi dan melatih untuk memecahkan masalah dengan tepat dan cepat karena dalam permainan terdapat berbagai masalah yang menuntut anak untuk menyelesaikannya dengan cepat dan tepat. Kartu islami merupakan permainan kartu yang dimainkan oleh siswa sekolah dasar dengan jumlah pemain 4 hingga 5 orang yang bertujuan untuk mengenalkan anak mengenai islam dan budaya lokal sejak dini. Kartu Islami sebagai media pembelajaran yang inovatif dapat meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual pada anak sekolah dasar melalui pengetahuan agama dan pengenalan budaya dalam media kartu.Kata Kunci: Anak Sekolah Dasar, Kartu Islami, Budaya Lokal dan Emotional Spiritual Quotiont (ESQ)
AKTUALISASI PENDIDIKAN KARAKTER F3C (FROM FAMILY FOR CHILDREN) BERBASIS AL-QUR’AN SEBAGAI UPAYA PENANAMAN MORAL DAN ETIKA BAGI ANAKANAK SEJAK DINI Pratama, Sandi; Eni, Syarifa Hural; Rustan, Nurul Azmy
JURNAL PENA Vol 1, No 2 (2014)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (784.497 KB)

Abstract

Pendidikan nasional yang disusun pemerintah melalui undang-undang sebenarnya sudah menekankan pentingnya pembangunan karakter anak didik. Pendidikan Karakter F3C (From Family For Children) atau Pendidikan Karakter dari keluarga untuk anak adalah proses pemberian tuntunan dari orang tua kepada anak untuk menjadi manusia seutuhnya yang berkarakter dalam dimensi hati, pikir, raga, serta rasa dan karsa melalui penanaman nilai-nilai seperti nilai agama, nilai sosial, akan lebih menancap di sanubari seseorang ketika masih berada di lingkungan keluarga. Karena karakter seseorang akan lebih mudah dibentuk ketika masih dalam usia anak-anak.Kata Kunci: Pendidikan Karakter F3C (From Family For Children), Al-Qur’an, Moral dan Etika.
CD TO GS (CHANGING DOLLAR TO GOLD AND SILVER) SEBAGAI NILAI TUKAR ISLAMI MENUJU W2C (WORLD WITHOUT CRISIS) Pratama, Sandi; Nurbaya, Nurbaya; Fitriani, Ida
JURNAL PENA Vol 1, No 1 (2014)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (200.13 KB)

Abstract

Ketidakstabilan nilai tukar juga menyulitkan untuk menarik investor dari luar negeri karena hal itu merupakan risiko bagi calon investor. Dampak negatif lainnya adalah meningkatnya inflasi dan terpukulnya dunia usaha, terutama industri yang banyak menggunakan bahan baku impor, tetapi pasarnya domestik. Dengan kata lain, baik pada tataran mikro maupun makro. Jenis tulisan dalam karya tulis ini menggunakan jenis tulisan penelitian pustaka. Objek tulisan dalam karya ini adalah mengatasi krisis global melalui “CD to GS”(Changing dollar to gold and silver) sebagai nilai tukar islami menuju “W2C” (Word without crisis). kami menggunakan beberapa refrensi dari buku-buku dan internet. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu Deskriptif kualitatif. Pendayagunaan dinar dan dirham secara fantastik akan mengurangi ketergantungan terhadap dolar AS. Makna reflektifnya adalah akan semakin kecilnya kemungkinan Negara-negara pengguna dinar dan dirham digoyang oleh produsen AS setiap saat, juga ancaman find manager yang sejauh ini terus melakukan ketergantungan terhadap dolar AS akan berkolerasi positif terhadap upaya stabilisasi ekonom makro dan mikro.Kata Kunci : Krisis global, Dollar, Emas dan Perak, Nilai Tukar Islami
BIO (BIOLOGY ONET) SEBAGAI MEDIA BELAJAR BERBASIS EDU-TECHNOLOGY UPAYA MEMPERMUDAH SISWA SMP DALAM MENGHAFAL ISTILAH LATIN Sabir, Fitriani; Jasmia, Jasmia
JURNAL PENA Vol 2, No 1 (2015)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (440.107 KB)

Abstract

Biologi adalah salah satu pelajaran yang identik dengan menghafal hafalan yang sulit, seperti menghafal genus, nama latin, dan lainnya yang membuat otak harus berputar sedikit keras. Kesulitan penghafalan seperti nama latin ini biasanya karena penuturan bahasa yang memiliki perbedaan yang sangat besar dengan bahasa sehari-hari yang digunakan sehingga sulit untuk dihafal namun cepat dan mudah untuk dilupakan. Hal ini pun menjadikan siswa kesulitan dalam menerimadan menyerap materi pelajaran yang disampaikan yang berdampak   pada hasil belajar. Berdasarkan data hasil penelitian di SMP Negeri 2 Bate diperoleh sebanyak 93,33 % siswa kesulitan dalam belajar biologi karena penggunaan istilah latin dalam biologi (Munawir, 2010). Onet merupakan salah satu permainan yang gemar dimainkan oleh   siswa saat ini karena dapat melatih   kecerdasan otak yaitu kecepatan dan ketepatan otak berpikir untuk memasangkan 2 buah gambar yang sama diantara berbagai jenis paduan gambar lainnya yang hampir sama. Maka dari itu, melalui permainan onet ini dapat dijadikan sebagai inovasi menjadi biologi onet yang bisa digunakan untuk membantu siswa dalam hal penghafalan nama latin pada pembelajaran biologi. Karena disini siswa dapat menformulasikan menghafal sambil bermain sehingga akan terasa lebih menyenangkan sehingga secara spontan pun apabila dimainkan berulang akan terhafalkan sendirinya oleh siswa. Permainan ini sendiri akan diberikan berbagai pilihan level jenis nama latin yang ingin dimainkan. Jenis penelitian pada karya tulis ini yaitu penelitian pustaka dengan teknik pengumpulan data yang diperoleh dari berbagai literatur seperti jurnal, buku, dan internet. Media ini pun diharapkan dapat membantu siswa dalam menghafal berbagai nama ataupun istilah latin sehingga memudahkan dalam menyerap materi pembelajaran biologi.Kata Kunci: Biologi, Media Belajar, Onet, Penghafal
OPTIMALISASI MTR (MAKASSARTA’ TIDAK RANTASA’) MELALUI RUBBISH DAY FAIR DALAM MEWUJUDKAN MAKASSAR BERSIH MENUJU KOTA DUNIA Indriana, Indriana; Hardiyanti, Sri; Makmur, Makmur
JURNAL PENA Vol 1, No 2 (2014)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (664.912 KB)

Abstract

Peningkatan urbanisasi yang terjadi di lahan terbuka Makassar di kota telah menjadi semakin sempit karena masyarakat lebih cenderung untuk membangun tempat penampungan siap huni oleh pendatang baru ke kota Makassar daerah begitu kosong untuk pembuangan sampah menjadi kurang. Selain itu, peningkatan volume penduduk juga meningkatkan volume sampah. Dengan masalah sampah yang sulit diatasi di kota pemerintah kota Makassar menciptakan sebuah program yang MTR (Makassar TIDAK Rantasa). Jenis tulisan yang digunakan dalam penulisan ilmiah adalah penelitian kepustakaan yang menggunakan analisis deskriptif dalam analisis data. Konsep hari sampah adil bahwa kegiatan ini diselenggarakan setiap tahun oleh kota Makassar, dengan kerjasama semua pihak, pemerintah, lembaga penegak hukum, lembaga negara / swasta, pelajar, masyarakat, pemulung, anak jalanan, dan penyanyi. Ada dua rangkaian acara yang dimulai dengan pembukaan berjalan sambil memungut sampah dan juga balapan beberapa item lomba kebersihan seperti lorong-lorong, sedangkan penutupan acara ini ditandai dengan penghargaan dan hadiah kepada para pemenang setiap perlombaan. Kata kunci: Rubbish, MTR (Makassarta’Tidak Rantasa’), Rubbish Day Fair, sanitation, world city
ISLAMIC HEALTH EDUCATION CENTRE: SARANA PENDIDIKAN ILMU KESEHATAN BERBASIS AL-QURAN UNTUK INDONESIA SEHAT BERKARAKTER DI ERA GLOBALISASI Saraswati, Kameriah; Nur Aprilia, Dian Ihdinasti; Nurfitriani, Nurfitriani
JURNAL PENA Vol 1, No 2 (2014)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (725.985 KB)

Abstract

Islam adalah agama global dan universal. Tujuannya adalah menghadirkan risalah peradaban islam yang sempurna dan menyeluruh, baik secara spirit, akhlak maupun materi. Di dalamnya, ada aspek duniawi dan ukhrowi yang saling melengkapi. Keduanya adalah satu kesatuan yang utuh dan integral. Universalitas atau globalitas islam menyerukan kepada semua manusia, tanpa memandang bangsa, suku bangsa, warna kulit dan deferensiasi lainnya. penulis memberikan solusi dalam hal mengatasi tantangan globalisasi untuk mewujudkan gaya hidup sehat berdasarkan Al Qur’an melalui dunia pendidikan ilmu kesehatan dalam bentuk Islamic Health Education Centre. Konsep yang ditawarkan dalam pendidikan tersebut yaitu pengenalan ilmuwan dunia kesehatan dalam islam. Kata Kunci: Islamic Health Education Centre, Sarana Pendidikan, Ilmu Kesehatan berbasis Al-Quran.
APLIKASI PRINSIP TEST LESS LEARN MORE MELALUI TRANSFORMASI STANDAR NASIONAL PENDIDKAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI INDONESIA Saraswati, Kameriah; Nur Aprilia, Dian Ihdinasti; Ihwana, Ihwana
JURNAL PENA Vol 1, No 1 (2014)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (249.791 KB)

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan penting agar dapat memajukan kehidupan kearah yang lebih maju. Begitupun dengan bangsa Indonesia, pendidikan harus dikembangka nsejalan dengan tuntutan pembangunan. Untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional, maka disusun system pendidikan oleh pemerintah. Namun melihat kenyataan sekarang, mutu pendidikan di Indonesia justru mengalami penurunan. Hal tersebut disebabkan karena system yang digunakan di Indonesia saat ini belum efekltif dan efisien dalam meningkatkan mutu pendidikan. Oleh karena itu, perubahan system sangat dibutuhkan. Dalam hal ini, penulis menawarkan aplikasi prinsip belajar test less learn more melalui transformasi standar nasional pendidikan sebagai upaya meningkatakan mutu pendidikan di Indonesia. Prinsip belajar tersebut benar-benar menunjukkan mutu atau kualitas dari setiap peserta didik tanpa adanya rekayasa atau manipulasi yang mengindikasikan adanya kecurangan.Kata Kunci: Test Less Learn More, Transformasi Standar Nasional Pendidikan, Mutu Pendiddikan Nasional

Page 1 of 15 | Total Record : 142