cover
Contact Name
Saiful Latif
Contact Email
-
Phone
+6281340314232
Journal Mail Official
edukasifkip2019@gmail.com
Editorial Address
Jl. Bandara Baabullah Kampus I FKIP Universitas Khairunm Kelurahan Akehuda, Kecamatan Kota Ternate Utara, 97728
Location
Kota ternate,
Maluku utara
INDONESIA
EDUKASI
Published by Universitas Khairun
ISSN : 16934164     EISSN : 27158551     DOI : http://doi.org/10.33387/Edu
Core Subject : Education,
Edukasi adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Khairun, dengan ruang lingkup kajian tulisan berorientasi pada bidang Pendidikan Matematika, Pengetahun Alam, Ilmu Pengajaran Bahasa, dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Terbit sebanyak dua kali dalam setahun, yakni pada Januari dan Juni.
Articles 96 Documents
PEMBELAJARAN KREATIF BERBASIS KEWIRAUSAHAAN DI TK KHALIFAH KOTA TERNATE Alhaddad, Bujuna; Haryati, Haryati; Arfa, Umikalsum
EDUKASI Vol 16, No 1 (2018): Edisi Januari 2018
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/j.edu.v16i1.1693

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran proses dan penggunaan perangkat pembelajaran kewirausahaan di Taman Kanak-kanak Khalifah kota Ternate. Subjek penelitian ini adalah peserta didik Taman Kanak-kanak. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualiatif deskriptif yang di dalamnya terdapat upaya mendeskripsikan, mencatat, analisis dan mengintrepetasikan langsung pada proses kegiaan pembelajaran. Berdasarkan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan proses pembelajaran dalam bentuk RKH, program lembaga, visi, misi dan tujuan konsisten dengan praktek pelaksanaan pembelajaran berbasis kewirausahaan. Strategi pembelajaran menggunakan Beyond Centers and Circle Time (BCCT) dan menanamkan pembelajaran kreatif dengan kegiaan market day, outing, outbond dan fun cooking. Perangkat pembelajaran kreatif berbasis kewirausahaan di TK Khalifah Ternate menggunakan kurikulum KTSP dengan model BCCT, RKH terintegrasi dengan pembelajaran kewirausahaan dimana peserta didik akan lebih kreatif, disiplin, tanggungjawab, kerja keras, disiplin, mandiri dan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menunjukkan kemampuannya dan dapat diukur dalam penilaian melalui daily report.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK A MELALUI KEGIATAN BERMAIN PAPERCRAFT (PENELITIAN TINDAKAN DI KELOMPOK A TK ALAM RIZKIA, CIMPAEUN-TAPOS, DEPOK, 2017) Nurjannah, Dwi
EDUKASI Vol 16, No 1 (2018): Edisi Januari 2018
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/j.edu.v16i1.1684

Abstract

The background of this study is the low motor skills of early childhood in group A in the Natural Kindergarten Rizkia. This can be seen from the weakness of fine motor in moving the fingers of the hands, coordinate the eyes and hands, and the accuracy of flexibility of the child's fingers. The purpose of this study is to improve fine motor skills through papercraft play activities. The method used in this research is classroom action research method using Kemmis and Taggart cycle model through four stages namely planning, implementation, observation, and reflection which is done by two cycles. The subjects of the study were 16 students of class A. Data collection is done by observation, documentation, and interview. The results of the study conducted during two cycles observed the development of fine motor skills of group A children experienced an increase in each cycle. Pre-action (pre cycling) was 34%, in cycle I was 60.6% with 26.6% increase and in second cycle was 83.82% with an increase of 23.22%. Thus the percentage improvement of fine motor ability of group A children through papercraft activity has achieved success indicator that is more than 75%. This means that papercraft play activities are very effective and can be used in improving the fine motor skills of children group A.
ANALISIS FAKTOR PENGHAMBAT PROSES BELAJA MENGAJAR GURU MATEMATIKA SMA SE-KABUPATEN PULAU MOROTAI (Analysis of Problem Factors in learning process of Mathematics teachers) Taib, Zulkifli
EDUKASI Vol 15, No 1 (2017): Edisi Januari 2017
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.967 KB) | DOI: 10.33387/j. edu.v15i1.290

Abstract

This study is aimed to answer the question in this research such as: (1) wha problems are faced by the teachers in learning mathematics at Senior High school of Morotai? (2) what kinds of effort by the teachers in learning process? (3) what is the solution for the problems in learning process ? data collecting   technique   in   this   research   is   anklet,   questioners,   interview,   observation,   and documentation. The subject of this research is the of Mathematics subject at Senior High school Morotai Island which is consisted of 8 teachers. There are several angket which is possible to have as problem in learning process include of teachers, learning process, facility and learning evaluation. Generally, the result of this resereach shows that all the factors who have the potential to influence unsuccessable in learning mathematics subject. Otherwise, the dominant part here is the students who have a very low motivation and interest to learn mathematics subject. In overcoming   that problem, all the teachers in Morotai Island do not yet carry out an real action to solve the problem as well wich is only SMAll meeting that carry out in learning process. Based on the result of the research above, it can be concluded that learning problem is a complex problem which must be paid attention. That is why, even the SMAll barrier can also influence the learning success as well. And the teacher at once has very big responsibility that must innovate students in learning process as well. Key word: Faktor penghambat, belajar-mengajar, matematika
ANALISIS KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PADA MATAKULIAH FISIKA DASAR DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) Jusuf, Ridwan
EDUKASI Vol 13, No 1 (2015): Edisi Januari 2015
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (425.483 KB) | DOI: 10.33387/j. edu.v13i1.29

Abstract

Tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal pada mata kuliah fisika dasar konsep listrik dinamik setelah  diterapkanModel Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray(TSTS). Dalam penelitian ini, Populasi dalam penelitian ini adal seluruh mahasiswa program studi pendidikan fisika tahun akademik 2013/2014 dengan jumlah 137 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini adalah  mahasiswa semester I program studi pendidikan fisika  kelas A yang berjumlah 36 mahasiswa.  Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif karena penelitian ini menggambarkan kemampuan  mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal pada mata kuliah fisika dasar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif  metode Two Stay Two Straydengan desain penelitiannya eksperimen.Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah teknik tes.Soal-soal tes yang digunakan pada saat penelitian adalah soal-soal dalam bentuk Essay sebanyak 10 Soal dengan skor maksimum 100.Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji statistik deskriptif.Dari hasil analisis diperoleh terdapat kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal mata kuliah fisika dasar I dengan menerapkan model pembelajaran koperatif tipe Two Stay Two Stray pada materi listrk dinamik. Mahasiswa mempunyai nilai di atas 83 sebanyak 6 mahasiswa atau 17% dengan kategori sangat baik,  diantara 73 s/d 82 sebanyak 4 mahasiswa atau 11% dengan kategori baik,  63 s/d 72 sebanyak 14 mahasiswa atau  39 % dengan kategori cukup baik, 53 s/d 62 sebanyak12 mahasiswa atau 33%  dengan kategori  kurang baik dan dibawah 53 sebanyak 0%. Kata kunci: TSTS, Fisika Dasar I
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PQRST TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DITINJAU DARI MINAT BACA Somadayo, Samsu
EDUKASI Vol 13, No 1 (2015): Edisi Januari 2015
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (559.08 KB) | DOI: 10.33387/j. edu.v13i1.24

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan perbedaan kemampuan membaca pemahaman siswa yang memiliki minat baca tinggi, sedang, dan rendah, dan menemukan interaksi antara model pembelajaran dan minat baca dengan kemampuan membaca pemahaman. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ternate. Manipulasi dilakukan pada variabel model pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan angket  untuk mengukur minat baca siswa dan  tes untuk mengukur kemampuan membaca pemahaman. Setelah data terkumpul disajikan dalam bentuk tabel dan grafik, langkah selanjutnya dianalisis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis variansi dengan menggunakan program komputer SPSS versi 19. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa nilai rata-rata PQRST yaitu sebesar 65,59  Nilai rata-rata kemampuan membaca pemahaman tertinggi pada kelompok siswa yang memiliki minat baca tinggi  yaitu sebesar 72,87, kelompok siswa yang memiliki minat baca sedang yaitu sebesar 63,93, dan nilai rata-rata kemampuan membaca pemahaman terendah pada kelompok siswa yang memiliki minat baca rendah yaitu sebesar 59,14. Kata Kunci : membaca pemahaman, model pembelajaran, minat  baca. 
HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH II MAHASISWA SEMESTER VII PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN (S-1) SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN WIRA HUSADA YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2012-2013 Angkotasan, Ida Yuli; Subiyanto, Paulus; Syarifah, Nuryeti; Angkotasan, Nurma
EDUKASI Vol 13, No 2 (2015): Edisi Juni 2015
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (125.993 KB) | DOI: 10.33387/j. edu.v13i2.48

Abstract

The aim of this research is to know the relationship of critical thinking skills with learning achievement on semester VII students of Nursing Science Program (S-1) Health Science High School Wira Husada Yogyakarta 2012/2013.The research design was descriptive correlative aimed to identify whether or not the relationship between critical thinking skills with learning achievement on students of Health Science High School Wira Husada Yogyakarta in Academic Year 2012/2013. Respondents of this research is Semester VII students of Nursing science program. The research sample of 50 students. Sampling techniques are simple random sampling. Using data analysis Spearman rank correlation test.There is a relationship between critical thinking skills with the learning achievement courses Medical Surgical Nursing II semester VII students of Nursing Science Program Health Science High School Wira Husada Yogyakarta. It can be seen from the Spearman rank correlation test results, obtained significant value r = 0.334 and ? = 0.018 so that alternative hypothesis Ha is accepted and Ho is rejected. It means, there is a relationship between critical thinking skills with the learning achievement semester VII student of Nursing Science Program (S-1) Health Science High School Wira Husada Yogyakarta.Keywords : Critical thinking, learning achievement
IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS TEKS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) Saubas, H.Udin
EDUKASI Vol 13, No 1 (2015): Edisi Januari 2015
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (197.693 KB) | DOI: 10.33387/j. edu.v13i1.30

Abstract

Learning by using scientific approach is a process of learning that is designed that make the students construct a concept actively, role or princip trough observation step (to identify or to find a problem), stated a problem, propose hypothesis, collecting data by using variety technic, analyze data, getting conclusion, and communicate the concept that find. Therefore, in  the learning process that hoped to stimulate the students in searching the source by an observation, not only  know by the teacher.The scientific approach role in learning process by skill process like observation, classification, assessment, explain, and making conclusion. In doing that process, the students need a helping from teacher. But the helping  must less because the students? class is in high level. Key word: Implementation of 2013 curriculum, scientific approach Implementation, Indonesia language learning text base
PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMEN DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA KONSEP STRUKTUR ATOM SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 PULAU MOROTAI Rahman, Milda Abdul; Zam Zam, Zulkifli
EDUKASI Vol 13, No 1 (2015): Edisi Januari 2015
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (5685.142 KB) | DOI: 10.33387/j. edu.v13i1.25

Abstract

This research aimed to know the result of the students different by using cooperative learning model the teams? game tournament type and learning conventional model on the structure atom concept at the tenth year of SMA Muhammadiyah 1 morotai Island. The research used experimental research and design research are pretest posttest control group design. The population of this research at the tenth year of SMA Muhammadiyah 1 morotai island that consist of 38 students? and that were  2 class were take sample of cluster random sample. The Technique of collecting data of this research were take of essay test and technique of analyzing data using statistic anakova testing. The result of this research showed that there was significant by using cooperative learning model teams? games tournament. And by using conventional model that were 46%.Key words: Different, TGT, Conventional, The Result of Students Study, The Concept Structure Atom.
PERAN GURU PKn DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR MENGAJAR DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN LIFE SKIL SISWA KELAS V SD INPRES MARITANGO KECAMATAN IBU TENGAH Kamisi, Mohtar
EDUKASI Vol 13, No 2 (2015): Edisi Juni 2015
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (62.254 KB) | DOI: 10.33387/j. edu.v13i2.49

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan kulaitas belajar  dengan pendekatan life skill siswa di SD Inpres Maritango kecamatan Ibua Tengah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan cara mengumpulkan data sendiri pada sejumlah unit dalam waktu (jangka waktu) yang bersamaan, yang berkenaan dengan bagaimana kondisi, proses karakteristik, hasil dari suatu variabel, dengan menggunakan seperangkat instrumen yaitu alat digunakan dalam pengumpulan data agar lebih muda dan sistimatis.Peran guru PKn SD Inpres Maritanggo Kecamatan Ibu Tengah  bahwa di dalam proses belajar mengajar guru mempunyai tugas membimbing dan memberi motivasi bagi siswa untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Guru mempunyai tanggung jawab untuk melihat suasana belajar di dalam kelas khususnya siswa kelas V SD Inpres Maritango Kecamatan Ibu Tengah. Penyampaian materi pelajaran merupakan salah satu dari berbagai kegiatan dalam belajar sebagai suatu proses dinamis dalam segala fase dan perkembangan siswa. Secara terperinci peran guru berpusat pada :a.Mendidik dengan titik berat memberikan arah dan motivasi pencapaian tujuan baik jangka pendek dan jangka panjang.b.Memberikan fasilitas pencapaian tujuan melalui pengalaman belajar yang memadai.c.Membantu perkembangan aspek-aspek pribadi seperti sikap-sikap, nilai-nilai dan penyesuain diri.Berdasarkan hasil penelitian bahwa Peranan Guru PKn dalam meningkatkan kualitas belajar mengajar di SD Inpres Maritanggo Kecamatan Ibu Tengah guru harus memberikan motivasi dan menciptakan situasi yang menyenangkan.   Kata Kunci: Peran Guru, dan Kualitas Belajar Siswa.
PENINGKATAN KEMAMPUAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKSPONEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Kota Ternate) Bani, Asmar
EDUKASI Vol 13, No 1 (2015): Edisi Januari 2015
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (805.421 KB) | DOI: 10.33387/j. edu.v13i1.42

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan mengetahui peningkatan kemampuan hasil belajar siswa pada materi Eksponen melalui model pembelajaran Inquiri.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas SMA Negeri 10 Kota Ternate yang tersebar di tiga kelas dengan jumlah 122 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XA berjumlah 30 siswa yang dijadikan sebagai kelas kontrol dan siswa kelas XB berjumlah 32 siswa yang dijadikan sebagai kelas eksperimen, tekhnik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Sampling purposive. Pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar siswa dengan 5 butir soal sebagai instrument yang telah divalidasi oleh validator. Analisis data yang digunakan adalah PAP skala 5, uji homogenitas, uji normalitas, uji t dan analisis peningkatan kemampuan hasil belajar siswa dengan N.Gain.Hasil pengujian hipotesis atau uji t diperoleh tHitung > tTabel atau 3,63 > 1,65 dengan demikian terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran Inquiri dengan kelas kontrol yang diterapkan pembelajaran Biasa.Hasil analis peningkatan kemampuan hasil belajar siswa kales eksperimen dengan N. Gain secara individu diperoleh 24 siswa mengalami peningkatan kemampuan hasil belajar tinggi, 8 siswa mengalami Peningkatan kemampuan hasil belajar sedang dan tidak ada siswa yang mengalami peningkatan kemampuan hasil belajar rendah, sedangkan secara klasikal hasil belajar siswa pada kelas eksperimen mengalami peningkatan kemampuan yang tinggi. Kata Kunci: Model Pembelajaran Inquri, Peningkatan Kemampuan Hasil Belajar Siswa, Ekspone.

Page 1 of 10 | Total Record : 96