cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Journal of Islamic Education Management (JIEM)
ISSN : -     EISSN : 25490877     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Journal of Islamic Education Management (JIEM) merupakan merupakan jurnal yang memuat tulisan, hasil penelitian, pengembangan, kajian atau telaah keilmuan manajemen pendidikan Islam. Isi jurnal memuat pandangan kritis, berpikir komprehensif dalam manajemen pendidikan Islam. Jurnal ini terbit setiap bulan Juni dan Desember dan mulai terbit tahun 2016, membahas tentang permasalahan manajemen pendidikan Islamt sebagai upaya menghasilkan leadership dan managerial yang profesional yang menjadi tujuan utama studi manajemen pendidikan Islam (MPI).
Arjuna Subject : -
Articles 59 Documents
MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER MADRASAH ALIYAH Udin, Jamal
-
Publisher : akultas Ilmu Trabiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap secara mendalam mengenai manajemen ekstrakurikuler di MAN Insan Cendekia Jambi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan secara langsung dengan menggunakan catatan lapangan dan dokumentasi. Pengumpulan data dilaksanakan dengan metode observasi mendalam, wawancara mendalam dan dokumentasi. Untuk menjaga keabsahan data, penelitian ini menggunakan teknik perpanjangan keikutsertaan, ketekunan/keajegan pengamatan dan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen ekstrakurikuler di MAN Insan Cendekia Jambi telah terlaksana dengan baik. Program kegiatan ekstrakurikuler diselenggarakan untuk satu tahun ajaran setelah jam kurikuler selesai. Program ini memiliki struktur organisasi pada masing-masing kegiatan ekstrakurikuler, meliputi proses perencanaan, penggerakan atau pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi kegiatan ekstrakurikuler. Kata Kunci: Manajemen, Bakat Minat Siswa, Ekstrakurikuler, Mutu
SUPERVISI MEMANTAPKAN PROFESIONALISASI GURU ., Subur
-
Publisher : akultas Ilmu Trabiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Supervisi dapat dipandang sebagai suatu seni kerja sama dengan sekelompok orang agar memperoleh hasil yang sebesar-besarnya. Dalam menerapkan hubungan antar manusia tidak ada ukuran yang pasti meyakinkan, karena setiap manusia memiliki pribadi yang unik. Oleh karena itu kepribadian merupakan suatu pertimbangan  bagi supervisor dalam membentuk kerja sama yang berhasil. Sekolah berperan sebagai lembaga yang memproses lulusan untuk bidang-bidang pekerjaan dalam kehidupan masyarakat secara luas. Guru bekerja secara sistematis dalam pengajaran dan belajar siswa dengan memberikan konsulatas individu secara teratur, dan menjelaskan pelajaran dengan mengantisipasi hasilnya agar siswa dapat aktif dalam kegiatan yang ditugaskan. Tanggungjawab terhadapkompetensi professional guru untuk mengajar dan mendidik merupakan tuntutan masyarakat akan efektifitas pelaksanaan pengajaran. Makanya kepekaan dan konsistensi supervisor terhadap profesionalitas jabatan guru menjadi demikian penting. Dengan demikian supervisi pendidikan dituntut memberikan perhatian khusus meperbaiki pengajaran sehingga tercipta kualitas yang baik Kata kunci : supervisi, guru, profesional, jabatan
MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS MADRASAH (MPMBM) DI MTS MAFATIHUL HUDA KECAMATAN DEPOK KABUPATEN CIREBON Anajih, Wahyono
-
Publisher : akultas Ilmu Trabiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Madrasah adalah lembaga nonprofit yang bertujuan, bertugas, dan bertanggung jawab melaksanakan program pendidikan. Seiring dengan tuntutan zaman yang terus berubah menuju ke arah modern dan berkemajuan, dalam era persaingan yang semakin bebas dan merata seperti saat ini, lembaga pendidikan dituntut untuk dapat memberikan kualitas pendidikan yang bemutu karena lembaga pendidikan yang tidak bermutu lama kelamaan akan ditinggalkan oleh masyarakat.Bentuk dari upaya peningkatan mutu pendidikan yang dilakukan oleh pemerintah adalah dengan menetapkan kebijakan manajemen peningkatan mutu berbasis madrasah yakni dengan memberikan wewenang dari pusat kedaerah (madrasah), dimana madrasah diberi keleluasaan dan kewenangan untuk mengatur dan melaksanakan sampai pada mengevaluasi dari pendidikan yang dilaksanakan.Penelitian ini dilakukan di MTs Mafatihul Huda dengan judul, manajemen peningkatan mutu berbasis madrasah. Sedangkan rumusan masalahnya yaitu apa konsep dasar manajemen peningkatan mutu berbasis madrasah, apa faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan manajemen peningkatan mutu berbasis madrasah di MTs Mafatihul Huda.Berdasarkan pada rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis dan mengidentifikasi konsep dasar manajemen peningkatan mutu berbasis madrasah, dan faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan manajemen peningkatan mutu berbasis madrasah di MTs Mafatihul Huda.Dalam metode penggumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan informannya adalah kepala MTs Mafatihul Huda, wakil kepala urusan kurikulum dan wakil kepala urusan humas. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan teknis analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan dan mengintepretasikan data-data yang telah didapat sehingga akan mengambarkan realitas yang sebenarnya sesuai dengan fenomena yang ada.Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen peningkatan mutu pendidikan di MTs Mafatihul Huda dapat dilaksanakan dengan baik, karena madrasah telah menunjukan mutu pendidikan bagi para peserta didiknya dan sudah saatnya manajemen peningkatan mutu berbasis madrasah ini diterapkan di madrasah-madrasah untuk meningkatkan mutu pendidikan Kata Kunci:    Peningkatan Mutu Pendidikan, Manajemen PeningkatanMutu Berbasis Madrasah
MANAJEMEN KELAS PEMBELAJARAN SAINS DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU SABILUL HUDA KOTA CIREBON Muspiroh, Novianti
-
Publisher : akultas Ilmu Trabiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap lebih jauh manajemen kelas pembelajaran sains di Sekolah Dasar islam Terpadu Sabilul Huda Kota Cirebon. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif studi kasus yang bersifat lapangan dan deskriptif. Instrumen penelitian berupa observasi mendalam, wawancara mendalam, dokumentasi. Untuk menjaga keabsahan data kualitatif, maka digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang dilakukan melalui reduksi data, display data, dan penyusunan kesimpulan. Prosedur penelitian dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu pra lapangan, pekerjaan lapangan, analisis data, dan pelaporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan manajemen kelas dalam pembelajaran Sains di SDIT Sabilul Huda telah terlaksana dengan baik, walaupun masih harus ada sejumlah hal yang belum maksimal, yakni dalam pengaturan sarana prasarana yang meliputi pengaturan ruang kelas, pengaturan tempat duduk, pengaturan cahaya, pengaturan ventilasi udara, dan pengaturan penyimpanan barang-barang siswa. Kata Kunci: Penguasaan, kondusif, efektifitas
MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU Kusman, Muhammad
-
Publisher : akultas Ilmu Trabiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini ialah untuk mengungkap secara mendalam mengenai manajemen kelas dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di sekolah dasar Islam terpadu Alamy Subang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ialah para guru, wali kelas, siswa. Untuk mendapatkan data, maka penulis menggunakan instrumen observasi mendalam, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Penarikan kesimpulan dari hasil analisis data digunakan metode induktif dan deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen kelas untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik di SDIT Alamy Subang dapat dilakukan dengan baik, sarana dan prasarana yang tersedia sudah cukup memadai, sehingga guru cukup dapat berinovasi dalam pembelajaran dan metode digunakan bisa bervariasi sehingga berpengaruh pada sisi akademik yang sudah cukup baik.  Faktor pendukung, yakni sarana prasarana yang cukup memadai, guru yang berkompeten sejalan bidangnya masing-masing, tempat yang cukup strategis, aman, dan lingkungan sekitar sekolah yang bersih. Faktor penghambat, yakni keragaman karakteristik peserta didik, guru pengampu dan wali kelas yang berbeda persepsi dalam manajemen kelas. Kata Kunci: Pengelolaan Kelas, Prestasi belajar, Guru
MANAJEMEN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN FIQH MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 KOTA CIREBON Khaeron, Muhammad
-
Publisher : akultas Ilmu Trabiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap secara mendalam manajemen pembelajaran mata pelajaran fiqih Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Cirebon. Penelitian ini ialah penelitian kualitatif naturalistik etnografi. Data itu bersumber dari wawancara mendalam, pengamatan mendalam, dan dokumentasi. Teknis analisis dilaksanakan melalui data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa(1) Perencanaan pembelajaran fiqih di MTsN 2Kota Cirebon meliputi program tahunan, program semester, dan silabus, serta Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. (2) Pelaksanaan pembelajaran fiqih di MTsN 2 Kota Cirebon yang meliputi aktivitas awal, aktivitas inti, dan aktivitas penutup. Metode yang dipakai ialah metode penugasan, ceramah, diskusi, pembiasaan, tanya jawab, dan keteladanan. (3) Evaluasi pembelajaran fiqih di MTsN 2 Kota Cirebon mengukur dan menilai ranah kognitif melalui formatif tes, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, dan ulangan kenaikan kelas. Penilaian aspek afektif dilaksanakan dengan mengamati perilaku peserta didik dikelas secara langsung. Penilaian psikomotorik dilaksanakan melalui pemberian tugas-tugas praktek. Kata kunci: Guru, Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi
KEPEMIMPINAN KEPALA TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU SABILUL HUDA DALAM MANAJEMEN SEKOLAH Kurniawan, Asep
-
Publisher : akultas Ilmu Trabiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap secara mendalam tentang kepemimpinan kepala Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Sabilul Huda dalam mengelola lembaga pendidikannya. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif eksplanatoris studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan snowball sampling dengan instrumen wawancara mendalam, observasi mendalam, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan melalui kredibilitas dengan cara ketekunan pengamat, triangulasi sumber, waktu, dan instrumen, serta bahan referensi yang memadai. Hasil penelitian menemukan bahwa kepala TKIT Sabilul Huda sudah menjalankan kepemimpinannya dalam menyusun perencanaan sekolah untuk setiap program pendidikan dengan cukup baik. Perencanaan yang sudah yang dimaksud meliputi rencana strategis dan rencana operasional. Kepala TKIT Sabilul Huda dalam menjalankan fungsi kepemimpinan dalam pengorganisasian sudah menyusun struktur organisasi dan pembagian wewenang dengan baik kepada bawahannya. Pembinaan diselenggarakan secara rutin guna memecahkan permasalahan yang ada yang dilaksanakan pada setiap permulaan semester. Manajemen peserta didik yang dilakukan melalui penerimaan peserta didik baru dilakukan pada setiap permulaan tahun ajaran baru. Manajemen sarana dan prasarana sudah cukup baik sehingga berdampak kepada proses efektifitas pembelajaran terutama dalam penanaman aspek religius. Hubungan kemitraan sekolah dengan masyarakat terjalin secara langsung. Peran kepimpinan kepala sekolah dalam menggerakkan manajemen keuangan sudah dikatagorikan cukup baik. Hal ini dilihat dari kondisi keuangan yang surplus. Pelaksanaan fungsi pengawasan dari kepemimpinan kepala TKIT Sabilul Huda dilakukan secara ketat dan dalam bentuk evaluasi yang terencana. Kata kunci: Pengaruh, Kinerja, Manajemen, Sumber Daya
TINDAKAN KORUPSI PADA DANA PEMBERANTASAN BUTA AKSARA DI KABUPATEN CIREBON SEBAGAI KESALAHAN MANAJEMEN DAN ANALISISNYA MENURUT TEORI PERTUKARAN Munawaroh, Mumun
-
Publisher : akultas Ilmu Trabiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (19.834 KB)

Abstract

ABSTRAK Tindakan korupsi merugikan keuangan negara atau perekonomian negara dan menghambat pembangunan nasional sehingga harus diberantas dengan serius. Setidaknya ada tiga Undang-Undang yang mengatur tentang tindak pidana korupsi yaitu Undang-undang Nomor 3 Tahun 1971 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Sikap dan perilaku korupsi yang bersenyawa dengan praktek kolusi dan nepotisme pada gilirannya akan meniadakan etos kompetisi secara sehat, makin memperkuat hubungan patron-client, siapa yang berkuasa dan mempunyai uang bisa mengatur segalanya, kesenjangan antar kelompok semakin menganga dan melembaga sehingga dapat menciptakan kesenjangan dan kerawanan sosial. Semua hasil penelitian menyebutkan 56% dari dompet dikembalikan, dan 44% dibawa pergi. Hanya di Norwegia dan Denmark saja, seluruh dompet (100%) dikembalikan kepada pemiliknya. Sementara itu di tempat lain seperti Italia (35% dikembalikan), Swiss (35% dikembalikan), Hong Kong (30% dikembalikan), Meksiko (21% dikembalikan), dan Amerika Serikat (67% dikembalikan).
APLIKASI STATISTIK DALAM PENELITIAN KUANTITATIF SEBAGAI ALAT ANALISIS Subur, SUBUR
-
Publisher : akultas Ilmu Trabiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Melakukan pendataan (pengumpulan data) seluruh populasi dinamakan sensus. Sebuah sensus tentu memerlukan waktu dan biaya yang tinggi. Untuk itu, dalam statistika seringkali dilakukan pengambilan sampel (sampling), yakni sebagian kecil dari populasi, yang dapat mewakili seluruh populasi. Analisis data dari sampel nantinya digunakan untuk menggeneralisasi seluruh populasi.  Statistic dapat digunakan dalam penelitian kuantitatif antara lain; (1) membantu peneliti untuk menentukan sampel, sehingga peneliti dapat bekerja efisien, tetapi hasilnya sesuai dengan objek yang diteliti, (2) membantu peneliti untuk membaca data yang telah terkumpul sehingga peneliti dapat mengambil keputusan yang tepat, dan (3) membantu peneliti untuk melakukan interpretasi atas data yang terkumpul
PROSPEK, PELUANG DAN TANTANGAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM Taqiyuddin, Taqiyuddin
-
Publisher : akultas Ilmu Trabiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKPendidikan selalu akan berhadapan dengan berbagai macam tantangannya, namun dengan berbagai macam teori yang berkembang pendidikan tidak akan kehilangan arah dalam menentukan cita-citanya. Pendidikan akan selalu memiliki peluang yang memungkinkan berada dalam ruang gerak yang leluasa sehingga mampu untuk menjadi bagian dari tantangan manajemen yang handal. Disinilah pendidikan memiliki mutunya yang dapat bersaing dengan pendidikan yang lainnya. Apalagi kita maklumi bahwa pendidikan Islam selalu menjadi cibiran dan dianggap sebelah mata karena tidak memiliki prestasi yang membanggakan. Padahal banyak sekali pendidikan yang berhaluan Islam menorehkan catatan prestasinya.