cover
Contact Name
Rike Penta Sitio
Contact Email
rikepenta@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
rikepenta@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
Journal of Management and Business Review
ISSN : 18298176     EISSN : 25030736     DOI : -
Journal of Management and Business Review (JMBR) is a source of scientific information for academia, research institution, government agencies, and industries. We publish research paper on management and business strategy as well as related topics.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 12, No 1 (2015)" : 5 Documents clear
ANALISIS PERILAKU KONSUMEN SEGMEN DEWASA MUDA DALAM PENGGUNAAN LAYANAN DARING PERBANKAN: MANFAAT DAN RISIKONYA Winarko, Hilarius Bambang
Journal of Management and Business Review Vol 12, No 1 (2015)
Publisher : Research Center and Case Clearing House PPM School of Management

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34149/jmbr.v12i1.49

Abstract

Dewasa ini penggunaan layanan daring (online) di industri perbankan semakin memiliki peran penting untuk mendorong kualitas transaksi perbankan modern yang lebih transparan dan efisien. Penerapan layanan daring perbankan tidak terlepas dari peran segmen Dewasa Muda (young adults) karena mereka termasuk dalam generasi yang dekat dengan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin bersifat “ubiquitous”. Indonesia memiliki profil demografi dimana populasi anak muda yang ada saat ini memiliki potensi besar dalam menyumbang pertumbuhan ekonomi nasional di masa yang akan datang. Studi ini bermaksud untuk mengamati perilaku konsumen khususnya mereka yang tergolong dalam segmen Dewasa Muda, khususnya mereka yang berusia sekitar 16-29 tahun, terhadap penggunaan layanan daring perbankan dilihat dari sudut pandang persepsi manfaat dan risikonya. Hasil penelitian studi ini melaporkan adanya perbedaan yang cukup signifikan antara kelompok yang sudah pernah dan kelompok yang belum pernah melakukan layanan daring perbankan. Para pelaku industri perbankan dapat memanfaatkan layanan daring sebagai nilai tambah untuk menjangkau pasar yang lebih luas dengan mengenali kebutuhan (needs) para nasabahnya, khususnya segmen Dewasa Muda.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PURCHASE INTENTION PRODUK PENCAHAR DI JAKARTA Christina, Angelina; Kurnia, Pepey Riawati
Journal of Management and Business Review Vol 12, No 1 (2015)
Publisher : Research Center and Case Clearing House PPM School of Management

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34149/jmbr.v12i1.46

Abstract

Konstipasi ditandai dengan buang air besar (BAB) kurang dari 3x dalam 1 minggu (Roberts, Miliikan, Galanko, Martin, & Sandler, 2003). Menurut dr. H Chudahman Manan, SpPD-KGEH, Ketua Pengurus Besar Perkumpulan Gastroenterologi Indonesia, angka kejadian konstipasi di Indonesia terus meningkat (PBGI, 2010). Untuk mengatasi konstipasi dapat menggunakan produk pencahar (Lamas, 2011), yang sudah menjadi obat over the counter (OTC) dan suplement sehari-hari (Dharmananda, Tanpa tahun). Berdasarkan Euromonitor, market size pencahar di Indonesia sebesar Rp 233.2 milyar tahun 2013, terus meningkat double digit dalam 5 tahun terakhir. Pada OTC, faktor pendorong sales ialah purchase intention (Huber, Dippold, & Forsthofer, 2012). Dengan diprediksinya terus bertambah jumlah penderita konstipasi dan terus meningkatnya market size dari industri pencahar, sehingga penting untuk diketahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi purchase intention produk pencahar. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menganalisis pengaruh persepsi kualitas, persepsi harga, dan promosi terhadap persepsi nilai produk pencahar di Jakarta; serta pengaruh faktor persepsi nilai, kemasan, ketersediaan, dan keamanan terhadap purchase intention produk pencahar di Jakarta. Sebanyak 100 kuesioner disebar kepada responden yang dipilih secara purposive sampling dengan kriteria bertempat tinggal di Jakarta, berusia 20 tahun ke atas, menderita konstipasi dengan frekuensi BAB kurang dari 3x dalam 1 minggu, serta pernah membeli dan mengonsumsi produk pencahar dalam enam bulan terakhir. Metode analisis yang digunakan ialah teknik regresi linier berganda, uji t, uji F, koefisien determinan dan korelasi menggunakan software SPSS 15.0 for Windows Evaluation. Hasil uji t menunjukkan secara parsial persepsi kualitas, persepsi harga, dan promosi mempengaruhi persepsi nilai produk pencahar secara positif dan signifikan pada taraf nyata 5%. Hasil uji F menunjukkan persepsi kualitas, persepsi harga, dan promosi secara bersama-sama mempengaruhi persepsi nilai produk pencahar dengan R2 sebesar 57.8%. Sementara itu, hasil uji t juga menunjukkan secara parsial persepsi nilai, ketersediaan, dan keamanan mempengaruhi purchase intention produk pencahar secara positif dan signifikan pada taraf nyata 5%, sedangkan kemasan berpengaruh positif tetapi tidak signifikan. Berdasarkan uji F, persepsi nilai, kemasan, keamanan, dan ketersediaan secara bersama-sama mempengaruhi purchase intention produk pencahar di Jakarta dengan R2 sebesar 63.5%.
RENCANA STRATEGIS PENGEMBANGAN BISNIS PT. SATYA ABADI VISIMED PERIODE 2014-2016 DENGAN MENERAPKAN MODEL BISNIS KANVAS Setiawan, Temmy; Zulkarnain, Rizal; Djohar, Setiadi
Journal of Management and Business Review Vol 12, No 1 (2015)
Publisher : Research Center and Case Clearing House PPM School of Management

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34149/jmbr.v12i1.48

Abstract

Distribusi dan pemasaran alat-alat kesehatan saat ini merupakan bidang bisnis yang diperkirakan dapat terus berkembang seiring pertumbuhan kebutuhan pasar baru dan pengembangan pasar yang telah ada. Peluang ini dimanfaatkan oleh Graha Farma dengan mendirikan anak perusahaan, PT Satya Abadi Visimed (PT. SAV) yang memiliki aktifitas utama sebagai agen, pemasaran, importir, instalatir dan layanan purna jual peralatan kesehatan yang diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap perusahaan induk.. Persaingan yang sangat ketat serta ketergantungan yang sangat besar terhadap produsen alat kesehatan (prinsipal) dan para sumber daya kunci pemasaran menjadi permasalahan umum yang dapat menjadi ancaman bagi PT. SAV dalam mencapai target yang telah ditetapkan untuk menjaga pertumbuhan dan kelangsungan usahanya. Dengan menggunakan kanvas model bisnis Osterwalder dan Pigneur (2010), penulis berusaha untuk mengembangkan model bisnis PT. SAV dengan melakukan perubahan atau modifikasi pada setiap komponennya. Dari hasil pengembangan model bisnis tersebut ditemukan target pelanggan yang paling tepat untuk dilayani, beberapa nilai penawaran baru yang dapat diciptakan, aktifitas kunci dan saluranyang harus dijalankan dan pengembangan sumber daya untuk menangkap peluang atau mengatasi ancaman agar dapat meningkatkan pendapatan sekaligus melakukan kontrol terhadap biaya. Sehingga diharapkan PT. SAV akan unggul dalam persaingan dan dapat menunjukkan kinerja terbaik untuk menghasilkan keuntungan yang terus meningkat.
INDEKS MODAL MANUSIA PENGUSAHA DAN PERANANNYA TERHADAP KINERJA USAHA KECIL Wajdi, M. Farid
Journal of Management and Business Review Vol 12, No 1 (2015)
Publisher : Research Center and Case Clearing House PPM School of Management

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34149/jmbr.v12i1.45

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat pengukuran modal manusia pengusaha kecil melalui penyusunan suatu indeks modal manusia (IMM). Modal manusia merupakan konsep yang tersusun dari berbagai aspek sumberdaya manusia. Aspek-aspek yang dimasukkan dalam indeks modal manusia ini terdiri dari aspek pendidikan, latihan, pengalaman, ketrampilan, dan kewirusahaan. Indeks yang disusun merupakan pengukuran akumulasi pencapaian kualitas sumberdaya manusia pengusaha. Dalam penyusunan indeks setiap aspeknya sudah dipastikan memiliki peranan terhadap kinerja usaha. Penelitian ini diharapkan memberikan pemahaman tentang bagaimana mengukur kemanfaatan investasi dalam peningkatan kualitas SDM sebagai suatu modal manusia yang akan bermanfaat dalam peningkatan kinerja usaha.
PENGARUH KEBIJAKAN PEMBIAYAAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA KEUANGAN PERBANKAN SYARIAH: STUDI EMPIRIS PADA PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA Sutrisno, Sutrisno
Journal of Management and Business Review Vol 12, No 1 (2015)
Publisher : Research Center and Case Clearing House PPM School of Management

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34149/jmbr.v12i1.47

Abstract

The development of Islamic banking in Indonesia is characterized by rapidly increasing assets, third party funds, and financing. Islamic banks as financial intermediaries are required to be able to distribute the funds in the form of financing to communities who need of funds. Due to the funding provided is supposed to increase bank profits. The purpose of this study is to analyze and examine the role of financing decisions to financial performance on Islamic banking. In this study the financial performance measured by return on equity (ROE) and Net Profit Margin (NPM) as the dependent variable, while the independent variables are cinsist of mudharaba financing (MUD), Musharaka financing (MUS), murabaha financing (MUR), Ijara financing (IJR), and qordul hasan financing (QORD). We also use firm size as a control variable. Samples in this study were eight islamic banks in Indonesia. We use multiple regression analyzes with the aid program as E-views, with a significance level of 5%. The results showed that variable of musharaka financing, murabaha financing, and firm size have a significant effect on profitability. While variable of mudaraba financing, ijara financing and qord financing no significant effect on islamic bank performance.

Page 1 of 1 | Total Record : 5