cover
Contact Name
Rike Penta Sitio
Contact Email
rikepenta@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
rikepenta@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
Journal of Management and Business Review
ISSN : 18298176     EISSN : 25030736     DOI : -
Journal of Management and Business Review (JMBR) is a source of scientific information for academia, research institution, government agencies, and industries. We publish research paper on management and business strategy as well as related topics.
Arjuna Subject : -
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 13, No 1 (2016)" : 4 Documents clear
KARAKTERISTIK DESAIN SOCIAL COMMERCE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN Cassandra, Cadelina; Sari, Ratna; Tarigan, Riswan Efendi
Journal of Management and Business Review Vol 13, No 1 (2016)
Publisher : Research Center and Case Clearing House PPM School of Management

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34149/jmbr.v13i1.30

Abstract

Social commerce sedang menjadi tren bagi perusahaan online saat ini. Perkembangan Social Networking Site dan web 2.0 mendukung evolusi dari e-commerce dan membuka peluang baru bagi perusahaan untuk masuk ke dalam pasar baru. Perubahan pola perilaku pengguna internet dari yang kaku menjadi aktif dan komunikatif membuat social commerce diyakini dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan online namun ternyata tidak semua perusahaan berhasil menerapkan social commerce dan menarik pelanggan, tidak sebanding dengan biaya yang telah dikeluarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari apa yang mendasari kepuasan pelanggan dalam melakukan proses pembelanjaan secara online melalui social commerce dan menguji apakah benar karakteristik sebuah social commerce memang cocok untuk mendukung kepuasan pengguna dalam berbelanja sehingga didapatkan rekomendasi yang tepat bagi pebisnis baru yang ingin mengadopsi social commerce ke depannya mengingat tren media sosial semakin berkembang di masyarakat. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan studi literatur terkait dengan isu yang dibahas. Hasil yang didapatkan adalah ternyata faktor kualitas informasi yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan jika dibandingkan faktor karakteristik social commerce lainnya.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SIKAP SKEPTIS KONSUMEN PADA IKLAN HIJAU (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT KOTA PALEMBANG KONSUMEN AIR MINUM DALAM KEMASAN (AMDK) MEREK ADES "PILIH, MINUM, REMUKKAN") Fathiyah, Fenny; Wahab, Zakaria
Journal of Management and Business Review Vol 13, No 1 (2016)
Publisher : Research Center and Case Clearing House PPM School of Management

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34149/jmbr.v13i1.32

Abstract

The number of green advertising has been increasing recently accompanied by the increasing number of environmental problems faced. This research aims to determine the influence of environmental concern, buying behavior, and conservation behavior on skepticism toward green advertising. In addition, this research aims to determine whether customer’s demographic characteristics (age, gender, and education level) moderate the relationship between factors affecting skepticism toward green advertising. The method used in this research is descriptive and associative. Data has been obtained by distributing questionnaires to 100 respondents that are Palembang’s residents who are buying and consuming Ades Mineral Water at least once in the last 3 months. Accidental sampling method has been selected to obtain data. The techniques of analysis used include multiple linear regression and moderated regression analysis, while for the processing of the data, SPSS 21 for Windows has been used. The results of this research indicate that: (i) environmental concern was 5,8% having significant influence on skepticism toward Ades green advertising, (ii) buying behavior was 19,2% having significant influence on skepticism toward Ades green advertising, (iii) conservation behavior was 23,6% having significant influence on skepticism toward Ades green advertising, and (iv) customer’s demographic characteristics by age and gender moderate (strengthen) the relationship between factors affecting skepticism toward Ades green advertising, while level of education not moderate (strengthen) the relationship between factors affecting skepticism toward Ades green advertising.
ANALISIS PERSEPSI KARYAWAN TERHADAP PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KINERJA PT. XYZ Safrina, Prasastia Dessy; Sambang, Maria Karmelita; Idawati, Dwi
Journal of Management and Business Review Vol 13, No 1 (2016)
Publisher : Research Center and Case Clearing House PPM School of Management

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34149/jmbr.v13i1.28

Abstract

Industri retail fashion accessories saat ini sedang berkembang pesat. Hal tersebut menjadi salah satu peluang bagi PT. XYZ sebagai salah satu pemain di industri tersebut dan menjadikannya sebagai tujuan bisnis perusahaan untuk bisa meraih keuntungan dan menjadi pemain nomor satu di Asia Tenggara. Perusahaan menyadari, untuk bisa mencapai visi dari perusahaan adalah dengan meningkatkan segala macam sumber daya yang ada di perusahaan, salah satunya adalah sumber daya manusia. Melalui sistem yang mampu menilai dan meningkatkan kinerja karyawan, yang biasa disebut dengan istilah manajemen.Oleh karena itu perusahaan meyakini untuk bisa mencapai tujuan perusahaan dibutuhkan sistem manajemen kinerja yang efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi persepsi karyawan terhadap penerapan sistem manajemen kinerja PT. XYZ. Jenis penelitian ini applied research dengan menggunakan metode pengumpulan data gabungan metode kuantitatif melalui survei menggunakan kuesioner yang dimodifikasi dari model kuesioner Weiss dan Hartle (1997) untuk mengetahui persepsi karyawan terhadap sistem manajemen kinerja dan metode kualitatif dengan menggunakan wawancara mendalam. Populasi penelitian ini adalah seluruh karyawan kantor pusat PT. XYZ yang berjumlah 315 orang dengan metode non-probability sampling, dengan jenis sampel yang digunakan adalah purpossive sampling sebanyak 104 responden untuk survei dan 3 narasumber untuk wawancara mendalam. Data kuantitatif diolah menggunakan SPSS 22 untuk mencari nilai mean dari setiap tahapan proses manajemen kinerja. Batas minimum suatu sistem manajemen kinerja dikatakan baik adalah nilai mean sebesar 3,20. Sedangkan data kualitatif diolah dengan menggunakan verbatim, reduksi data, intepretasi hasil, dan kesimpulan berdasarkan tahapan proses manajemen kinerja. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan sistem manajemen kinerja secara keseluruhan belum cukup baik dengan nilai mean sebesar 2,94. Untuk masing-masing tahapan dalam proses manajemen kinerja sendiri menunjukan nilai mean 3,07pada perencanaan, 3,09 pada pelaksanaan, 2,85 pada penilaian, dan 2,75 pada tindak lanjut. Ini menunjukan bahwa sistem manajemen kinerja di PT. XYZ dikategorikan lemah. Hal tersebut juga didukung dari hasil wawancara yang menunjukan bahwa tidak adanya kesepakatan antara atasan dan bawahan mengenai apa yang dilakukan dan dicapai dalam pekerjaan. Sehingga karyawan merasa tidak tahu apa yang harus mereka lakukan dalam pekerjaan, bagaimana cara meningkatkan kinerja, apa yang harus dicapai, dan apa yang akan mereka peroleh ketika mereka mencapai atau tidak mencapai target mereka.
ANALISIS DUKUNGAN ORGANISASI, SERIKAT PEKERJA DAN PEMERINTAH DALAM PENGARUH MOTIVASI DAN KOMITMEN TERHADAP KUALITAS HIDUP BURUH PEREMPUAN DI JABODETABEK Purba, Sylvia Diana; Sandroto, Christine Winstinindah; Prabawanti, Benedicta Evienia
Journal of Management and Business Review Vol 13, No 1 (2016)
Publisher : Research Center and Case Clearing House PPM School of Management

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34149/jmbr.v13i1.27

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji moderasi dukungan organisasi, serikat pekerja dan Pemerintah dalam model pengaruh motivasi terhadap kualitas hidup yang dimediasi komitmen kontinuans di wilayah Jabodetabek Indonesia pada pekerja perempuan yang telah menikah dan memiliki anak di industri manufaktur. Sampel dilakukan dengan metode convinience dimana jumlah populasi sulit untuk diketahui. Analisis jalur yang dilakukan menggunakan sofware SPSS V.22 yang dijalankan dengan macro Hayes, 2013. Hasil penelitian menunjukkan, pada model 1 tidak ditemukan moderasi dukungan organisasi dan serikat pekerja baik pada pengaruh motivasi terhadap komitmen maupun pengaruh motivasi terhadap kualitas hidup, dimana secara simultan komitmen tidak dapat menjadi variabel mediasi. Begitupula pada model 2 secara simultan tidak ditemukan moderasi dukungan serikat pekerja dan dukungan Pemerintah dalam pengaruh motivasi dan komitmen terhadap kualitas hidup. Namun, secara terpisah model 3 membuktikan ada moderasi signifikan dari dukungan Pemerintah dalam pengaruh komitmen kontinuans terhadap kualitas hidup. Di sisi lain moderasi dukungan serikat pekerja tidak signifikan, tetapi secara bersama-sama dukungan pemerintah dan serikat pekerja dapat memoderasi komitmen dalam meningkatkan kualitas hidup buruh perempuan di Jabotabek

Page 1 of 1 | Total Record : 4