cover
Contact Name
Gst. Ayu Vida Mastrika Giri
Contact Email
vida@unud.ac.id
Phone
+6285737241069
Journal Mail Official
jeliku@cs.unud.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. badung,
Bali
INDONESIA
(JELIKU) Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana
Published by Universitas Udayana
ISSN : 23015373     EISSN : 26545101     DOI : https://doi.org/10.24843/JLK
Core Subject : Science,
Aim and Scope: JELIKU publishes original papers in the field of computer science, but not limited to, the following scope: Computer Science, Computer Engineering, and Informatics Computer Architecture Parallel and Distributed Computer Computer Network Embedded System Human—Computer Interaction Virtual/Augmented Reality Computer Security Software Engineering (Software: Lifecycle, Management, Engineering Process, Engineering Tools and Methods) Programming (Programming Methodology and Paradigm) Data Engineering (Data and Knowledge level Modeling, Information Management (DB) practices, Knowledge Based Management System, Knowledge Discovery in Data) Network Traffic Modeling Performance Modeling Computer Security IT Governance Networking Technology Robotic Instrumentation Information Search Engine Multimedia Security Information Retrieval Mobile Processing Natural Language Processing Artificial intelligence & soft computing and their applications Neural networks Machine Learning Reasoning and evolution Intelligence applications Computer vision and speech understanding Multimedia and cognitive informatics Data mining and machine learning tools, heuristic and AI planning strategies and tools, computational theories of learning
Articles 189 Documents
IMPLEMENTASI APLIKASI SIG DALAM PENGOLAHAN DATA JUMLAH PENDUDUK BERBASIS WEB Pramartha, I Made Andi
JELIKU (Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana) Volume 1 No 2 - Nopember 2012
Publisher : Informatics Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Banyaknya penduduk yang terdapat di Bali membuat beberapa penduduk sulitmengetahui jumlah penduduk yang terdapat di suatu daerah. Badan Pusat Statistik merupakanBadan yang bertugas untuk mencatat jumlah penduduk yang berada di setiap daerah. Salah satuupaya untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang banyaknya jumlah pendudukyang terdapat di Provinsi Bali adalah dengan membuat aplikasi yang dapat memberikaninformasi kepada masyarakat. Peneliti merancang aplikasi berbasib web dengan menggunakanGoogle Maps API sebagai saran untuk aplikasi ini. Dan peneliti juga menggunakan bahasapemrograman PHP dan MySQL. Aplikasi ini sudah dapat beroperasi sesuai dengan tujuan yaituuntuk mengetahui jumlah penduduk di setiap Kabupaten atau Kecamatan yang ada di ProvinsiBali.
Implementasi Aplikasi Enkripsi Dan Dekripsi Objek 3 Dimensi Menggunakan Algoritma Blowfish Nuboba, Barneci Henderika; Anom Cahyadi Putra, I Gst Ngurah; Gede Suhartana, I Ketut
JELIKU (Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana) Vol 8 No 3 (2020): JELIKU Volume 8 No 3, February 2020
Publisher : Informatics Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/JLK.2020.v08.i03.p21

Abstract

Kemajuan Teknologi Digital telah mempengaruhi cara berpikir dalam desain pada Arsitektur. Sekarang banyak Arsitek yang menggunakan software tidak hanya sebagai alat menggambar objek 2 dimensi tetapi telah berkembang menjadi alat untuk menggambar objek 3 dimensi (modeling) dan presentasi multimedia. 3 dimensi modeling telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam proses desain arsitektur. 3 dimensi semakin sering digunakan karena didapati informasi secara utuh dan akurat sesuai keadaan nyata. Dengan begitu banyaknya perkembangan yang terjadi di dunia arsitektur, keamanan pada objek 3 dimensi sangat dibutuhkan mengingat telah terjadi banyak kasus plagiarisme desain arsitektur. Berdasarkan hasil survey yang dilakukan di 72 Perguruan Tinggi di Indonesia oleh Tim Alumni Reference Group (ARG), disebutkan bahwa masih banyak yang belum mengetahui dan menyadari tentang plagiarisme sehingga mereka sering tidak menyadari jika telah melakukan tindakan plagiarisme, selain itu juga masih adanya mindset atau persepsi yang keliru dan menganggap bahwa mengambil atau mencuri ide, hak cipta dan hak intelektual seseorang bukan merupakan masalah serius atau mungkin sudah lazim (Mochtar, 2014). Dengan latar belakang di atas, penulis memilih judul "Keamanan Objek 3 Dimensi menggunakan Algoritma Blowfish” dimana penulis mengimplementasikan ilmu kriptografi untuk mengamankan data berupa desain arsitektur objek 3 dimensi agar terhindar dari praktek plagiarism menggunakan algoritma blowfish. Kata Kunci: kriptografi, enkripsi, dekripsi, objek 3 dimensi, algoritma blowfish
Pengembangan Aplikasi Back-End Pemeliharaan Inventaris Pegawai (Studi Kasus : Bappeda Kabupaten Badung) Winata, Mas Adi; Gede Suhartana, I Ketut
JELIKU (Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana) Vol 7 No 3 (2019): JELIKU Volume 7 No 3, Februari 2019
Publisher : Informatics Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/JLK.2019.v07.i03.p09

Abstract

Rapid technological developments make everything workable and integrated with each other. The proper use of Information Technology will increase efficiency in human work. The Regional Development Planning Agency (Bappeda) of Badung Regency as one of the government agencies should have taken advantage of technological advances in various fields of work. Data collection on employee inventory is one of the tasks for employees in the Badung Regency Bappeda. All employee inventories get a maintenance budget or ceiling every year. The use of the ceiling must be accountable, so that recording of inventory maintenance data is very important. So far the data recording is still done manually so it is at risk of errors and lack of work efficiency. Therefore, the authors develop an application that can help inventory data collection and inventory maintenance by adjusting the needs of employees who will become application users. With a system that is integrated with each other and features that are appropriate, Bappeda's Employee Inventory application is expected to facilitate work and reduce errors in data collection on inventory maintenance.
Rancang Bangun Sistem Kuesioner (Studi Kasus: SMA Negeri 2 Semarapura) Agustiana, Ni Putu Arisya; Hendra Suputra, I Putu Gede
JELIKU (Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana) Vol 8 No 1 (2019): JELIKU Volume 8 No 1, Agustus 2019
Publisher : Informatics Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/JLK.2019.v08.i01.p10

Abstract

Rancang bangun kuesioner dibuat dengan tujuan untuk evaluasi terhadap program kerja, kinerja guru dan pegawai, serta fasilitas sekolah. Sistem web ini dibuat secara dinamis, sehingga pihak sekolah bisa membuat pertanyaan sesuai dengan isu sekolah. Untuk mengimplementasi digunakan HTML, CSS, JavaScript dan database MySQL. Metode pengembangan menggunakan Rapid Aplication Development (RAD) yaitu fase perencanaan syarat-syarat, fase perancangan, fase pelaksanaan. Hasil pengujian menggunakan Black Box menunjukkan semua hasil pengujian menu dan fitur aplikasi pada halaman utama sudah diterima dan bekerja dengan semestinya.
A Case Based Reasoning System For Recommendation Of Restaurant In Jimbaran Using K-Nearest Neighbor Mahardika, I Gede Teguh; Supriana, I Wayan
JELIKU (Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana) Vol 9 No 2 (2020): JELIKU Volume 9 No 2, November 2020
Publisher : Informatics Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Culinary is one of the favorite businesses today. The number of considerations to choose a restaurant or place to visit becomes one of the factors that is difficult to determine the restaurant or place to eat. To get the desired place to eat advice, one needs a recommendation system. Decisions made by the recommendation system can be used as a reference to determine the choice of restaurants. One method that can be used to build a recommendation system is Case Based Reasoning. The Case Based Reasoning (CBR) method mimics human ability to solve a problem or cases. The retrieval process is the most important stage, because at this stage the search for a solution for a new case is carried out. The study used the K-Nearest Neighbor method to find closeness between new cases and case bases. With the selection of features used as domains in the system, the results of recommendations presented can be more suggestive and accurate. The system successfully provides complex recommendations based on the type and type of food entered by the user. Based on blackbox testing, the system has features that can be used and function properly according to the purpose of creating the system.
IMPLEMENTASI VECTOR SPACE MODEL DAN BEBERAPA NOTASI METODE TERM FREQUENCY INVERSE DOCUMENT FREQUENCY (TF-IDF) PADA SISTEM TEMU KEMBALI INFORMASI Karmayasa, Oka
JELIKU (Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana) Volume 1 No 1 - Agustus 2012
Publisher : Informatics Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem temu kembali informasi merupakan sistem yang digunakan untuk menemukan informasi yang relevan dengan kebutuhan dari penggunanya secara otomatis berdasarkan kesesuaian dengan query dari suatu koleksi informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengenal karakteristik beberapa notasi pembobotan TF-IDF serta mengimplementasikan model ruang vektor menggunakan beberapa notasi pada metode pembobotan TF-IDF pada sistem temu kembali informasi. Notasi TF-IDF yang digunakan pada penelitian ini adalah anc.ntc, lnc.ltc dan ltc.ltc. Pada Model Ruang Vektor, pembobotan term dilakukan disisi dokumen dan query. Pembobotan yang dihasilkan pada algoritma TF-IDF akan menjadi variabel dalam perhitungan cosine similarity. Hasil dari cosine similarity pada masing-masing dokumen terhadap query akan diurutkan secara descending, sehingga hasil pencarian akan menampilkan dokumen yang paling mendekati kata kunci. Sistem ini dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan dokumen yang digunakan sebagai data uji sebanyak 50 artikel berita yang penulis kutip dari beberapa situs di internet. Penelitian ini telah berhasil mengimplementasikan vector space model dan tiga notasi pembobotan TF-IDF. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tiap notasi pembobotan TF-IDF memiliki karekteristik yang berbeda-beda dan menghasilkan urutan dokumen relevan yang berbeda, antara notasi satu dengan notasi lainnya
PENERAPAN METODE CERTINTY FACTOR(CF) DALAM PEMBUATAN SISTEM PAKAR DIAGNOSIS PENYAKIT TUMOR OTAK Prebiana, Kiki Dwi; Astuti, Luh Gede
JELIKU (Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana) Vol 8 No 3 (2020): JELIKU Volume 8 No 3, February 2020
Publisher : Informatics Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/JLK.2020.v08.i03.p14

Abstract

Diagnosis adalah klasifikasi seseorang berdasarkan suatu penyakit atau abnormalitas yang diidapnya. Salah satu jenis penyakit yang memerlukan diagnosis adalah penyakit tumor otak. Akan tetapi dalam proses pemeriksaannya tentu memerlukan sautu biaya yang cukup mahal. Oleh sebab itu diperlukan suatu sistem yang dapat bertindak layaknya serang pakar untuk mengetahui gejala- gejala yang timbul akibat penyakit tumor otak. Salah satu metode yang dapat diterapkan dalam pembuatan sistem pakar adalah metode Certinty Factor(CF). Metode ini dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan berkaitan dengan ketidakpastian dalam menyelesaikan atau menentukan suatu solusi. Hasil dari penelitian ini adalah prosantase kemungkinan pasien terhadap keempat jenis penyakit tumor otak yang ada.
Pengembangan Front End Aplikasi Keluhan Pelanggan PDAM Tirta Amertha Jati Kabupaten Jembrana Mahayasa, I Gusti Ngurah
JELIKU (Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana) Vol 7 No 2 (2018): JELIKU Volume 7 No 2, 2018
Publisher : Informatics Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PDAM Tirta Amertha Jati atau PDAM Jembrana merupakan Badan Usaha milik Pemerintah Kabupaten Jembrana, yang memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok masyarakat akan air. Sistem yang tersedia di PDAM Jembrana kebanyakan masih dilakukan secara manual, hanya pembayaran saja yang sudah dilakukan melalui online. PDAM Jembrana sering mendapat keluhan bermacam-macam, jadi diperlukan suatu aplikasi untuk mengatasi keluhan pelanggan secara online. Aplikasi keluhan pelanggan PDAM Jembrana ini dibuat dengan menerapkan metode Extreme Programming (XP) dan hanya berfokus pada front end atau tampilan depan aplikasi saja. Dan pengujian dilakukan dengan menggunakan black box. Hasil dari penerapan metode tersebut adalah terciptanya aplikasi keluhan pelanggan yang dapat membantu PDAM dalam mengatasi keluhan pelanggan. Kata Kunci : Front End, Extreme Programming (XP), Black Box
E-Commerce Mobile Based Application Foodienesia imersto, imersto
JELIKU (Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana) Vol 9 No 1 (2020): JELIKU Volume 9 No 1, Agustus 2020
Publisher : Informatics Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/JLK.2020.v09.i01.p06

Abstract

Abstract In this day and age the development of the e-commerce market is increasing. Lots of companies are on the rise, such as gojek, tokopedia, jd.id, lazada, blibli and many others. On the basis of this it is good to learn how to create one of these e-commerce. Because if we see now the e-commerce market is very profitable even arguably more profitable than retail stores. It is possible that in the coming years this e-commerce market will completely outperformed the retail market. From this I saw a huge opportunity from the food industry in Indonesia especially since Indonesia is well known for its food, and I got the idea to create an e-commerce platform that allows someone to buy and sell food online. The platform is "Foodienesia". This platform will allow someone to join to buy and sell food online by using this platform. Keywords: E-Commerce, Food, Development, Platform, Buy and sell
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI ARSIP DATA KETERANGAN TENAGA KEPENDIDIKAN BERMASALAH (Studi Kasus: Dinas Pendidikan Provinsi Bali) Putra, I Gede Ari; Eka Karyawati, A. A. Istri Ngurah
JELIKU (Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana) Vol 7 No 4 (2019): JELIKU Volume 7 No 4, Mei 2019
Publisher : Informatics Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/JLK.2019.v07.i04.p04

Abstract

Rancang bangun system informasi arsip data tenaga kependidikan yang bermasalah dibangun dengan tujuan untuk mengarsipkan data data pengajuan tenaga kependidikan pada SMA yang bermasalah. Sistem informasi ini dibangun dengan HTML, CSS, PHP, dan Mysql. Metode yang digunakan dalam pengembangan adalah SDLC. Pada pengujian dilakukan dengan black box testing.

Page 1 of 19 | Total Record : 189